Perawatan
Jan28

Cara Alami Mengatasi Lantai yang Berminyak

Bagaimana cara mengatasi lantai yang berminyak? Semua orang tentu menginginkan setiap jengkal lantai di rumahnya selalu dalam keadaan yang bersih. Namun debu dan kotoran tidak bisa benar-benar dicegah agar tidak jatuh di atas permukaan lantai. Lebih-lebih kalau ada tumpahan minyak yang jatuh di lantai, alamat kita harus berjuang ekstra keras untuk menghilangkannya.

Lantai dapur bisa dikatakan merupakan bagian lantai di rumah yang paling berminyak dan licin. Selain disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik, berminyaknya lantai dapur juga secara tidak langsung dipengaruhi oleh cara memasak. Kebanyakan masakan khas Nusantara diolah menggunakan minyak goreng. Hal ini membuat lantai gampang sekali terkena cipratan minyak.

cara-mengatasi-lantai-berminyak.jpg

Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-kelamaan menjadi bukit. Begitu pula dengan cipratan minyak yang terdapat di dapur Anda. Jika tidak dibersihkan dengan tuntas sesegera mungkin, cipratan minyak ini lama-lama akan menumpuk dan berubah menjadi noda membandel yang susah dihilangkan. Tidak hanya lantai terlihat kusam, kotoran ini akan mengundang kecoa, lalat, cicak, dan tikus untuk membuat sarang di dapur.

Biar tidak ada lagi noda minyak di atas lantai rumah Anda, khususnya dapur, aplikasikan trik-trik berikut ini :

  1. Gunakan Kertas Koran untuk Menyerap Minyak

Kebanyakan orang menggunakan tisu makan untuk mengelap noda minyak yang tumpah di lantai. Memang sih cara ini sangat praktis dan akan membuat Anda tampak lebih bersih. Hanya saja metode ini bisa dibilang pemborosan karena tisu makan yang seharusnya digunakan untuk menyeka mulut justru dijadikan sebagai lap. Disarankan ubahlah kebiasaan Anda mengelap noda memakai tisu dengan menggunakan kertas koran. Selain lebih murah, kertas koran dapat menyerap noda bekas minyak dengan lebih maksimal.

  1. Taburkan Garam atau Tepung Terigu

Ada kalanya minyak yang tumpah di lantai cukup banyak sehingga membuat noda bekas yang ditimbulkannya sulit dihilangkan. Anda sudah mencoba menggosok permukaan lantai tersebut beberapa kali menggunakan kertas koran, tetapi noda minyak masih saja menempel. Solusinya yaitu taburkan saja garam atau tepung terigu di atas noda tadi, kemudian tunggu sejenak selama 20-30 menit. Setelah itu, Anda bisa coba mengelap permukaan lantai ini sekali lagi memakai kertas koran. Lihat hasilnya.

  1. Pel Menggunakan Soda Kue

Setelah semua noda bekas minyak terangkat, kadang-kadang lantai masih terasa licin. Jika dibiarkan, hal ini akan membahayakan orang yang berlalu-lalang di atasnya karena bisa terpeleset setiap saat. Mengepel lantai menggunakan cairan pembersih kimia mungkin merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi lantai yang licin. Cuma kalau kebetulan persediaan cairan pembersih di rumah Anda sedang habis, Anda bisa memakai soda kue. Soda kue dapat diandalkan untuk membuat tekstur permukaan lantai menjadi kesat kembali.