Perawatan
Jul28

Buruan Usir Nyamuk dari Rumah!

tips-mengusir-nyamuk.jpg

Siapa orang yang tahan dengan keberadaaan nyamuk di rumah? Gigitannya bagaikan serangan jarum suntik liar yang menyakitkan. Apalagi jika sedang sulit-sulitnya tidur, malah nyamuk-nyamuk datang menghampiri tubuh kita.

Selain membuat tubuh terasa gatal dan sakit, gigitan nyamuk juga telah dikenal mampu menularkan berbagai penyakit ke tubuh manusia. Sebut saja demam berdarah, malaria, sampai kaki gajah. Maka dari itu, memastikan tidak adanya nyamuk di rumah Anda merupakan satu bentuk pencegahan penyakit.

Berikut ini caranya versi arafuru.com :

1. Atur sirkulasi udara di dalam rumah

Lingkungan yang lembab merupakan tempat berkembang biak yang ideal bagi nyamuk. Nyamuk suka sekali tempat seperti ini dan kerap menaruh telur-telurnya di sini. Jika Anda ingin mengusir nyamuk dari rumah, maka Anda perlu memperbaiki sirkulasi udara dan pencahayaan sehingga bisa masuk ke dalam rumah dengan maksimal. Tambahkan beberapa jendela di seluruh ruangan dan atur posisinya sedemikian rupa. Jangan lupa untuk memasang genteng kaca, fiber transparan, dan glassblock apabila diperlukan.

2. Jangan sampai ada genangan air

Selain tempat yang lembab, genangan air juga bisa menjadi sarangnya nyamuk. Periksa semua kondisi di sekitar rumah seperti di tempat penampungan air, kamar mandi, tatakan pot bunga, dan ember. Pastikan Anda menguras dan membersihkannya seminggu sekali. Jangan lupa memeriksa sampah-sampah yang an-organik juga, seperti plastik, botol dan kaleng merupakan tempat air tergenang. Selokan rumah juga perlu Anda perhatikan kebersihannya agar aliran air di sana terus lancar. Jika Anda mempunyai kolam ikan di taman, peliharalah ikan hias sebagai predator alami yang akan memakan jentik-jentik nyamuk.

3. Bersihkan halaman setiap hari

Nyamuk sangat suka hinggap di pepohonan halaman rumah yang rimbun. Oleh karena itu, pangkas tanaman secara rutin dan cabut rumput-rumput liar di sekitarnya. Sebagai pengusir nyamuk alami, Anda bisa menanam tumbuhan Geranium, Lavender, Akar Wangi, Selasih, dan Zodia.

4. Cegah nyamuk agar tidak bisa masuk ke rumah

Memasang kasa nyamuk, cukup efektif untuk mencegahnya masuk ke dalam ruangan. Pasang kasa ini di setiap ventilasi rumah dengan kuat. Perhatikan setiap celah yang ada di sekitar jendela dan pintu, pastikannya semua terlindungi. Untuk menyempurnakannya, Anda bisa memasang kelambu di kamar tidur.

5. Gunakan anti nyamuk

Ada dua jenis anti nyamuk yang bisa Anda gunakan yaitu anti nyamuk alami dan buatan. Anti nyamuk alami yang terkenal seperti tanaman geranium, lavender, kulit jeruk, suara jangkrik, dan sebagainya. Sedangkan untuk anti nyamuk buatan, Anda bisa menemukannya dalam bentuk lotion, dibakar, dan elektrik. Jangan lupa untuk menggunakannya secara bijak dan hati-hati.