Perawatan
Aug7

Biar Setara Jati, Nih Cara Mengawetkan Kayu Glugu Kelapa

Bagaimana cara mengawetkan kayu glugu kelapa biar setara kayu jati? Kayu glugu adalah kayu yang terbuat dari batang pohon kelapa. Kayu ini dikenal memiliki daya tahan dan tingkat kekokohan yang tinggi. Tak heran, banyak orang yang akhirnya menggunakan kayu glugu sebagai alternatif material pembangun rumah.

cara-mengawetkan-kayu-glugu-kelapa.jpg

Kayu Glugu

Sebenarnya, anda bisa meningkatkan kualitas kayu glugu kelapa menjadi setara kayu jati dengan mengawetkannya. Adapun tujuannya yaitu untuk menutup pori-pori di dalam kayu. Proses pengawetan kayu glugu terbilang mudah, hanya saja membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Kayu glugu yang sudah diawetkan akan mempunyai kualitas yang bertambah sampai dua kali lipat daripada sebelumnya. Bahkan kayu ini juga bakal terhindar dari serangan rayap, kumbang, tikus, dan serangga-serangga perusak kayu lainnya.

Alat dan Bahan :

  • Kayu Glugu
  • Terpal
  • Kuas
  • Solar
  • Oli Bekas

Langkah-langkah :

  1. Buat kolam terpal untuk pengawetan dengan ukuran menyesuaikan jumlah dan spesifikasi kayu glugu. Disarankan untuk turut memasang atap guna melindungi kolam dari hujan.
  2. Masukkan kayu-kayu glugu ke dalam kolam terpal dengan menyusunnya secara rapi. Maksimalkan volume ruang yang tersedia dengan mengisi kolam tersebut sampai penuh.
  3. Isilah kolam memakai solar dan oli bekas dengan perbandingan 50:50 hingga seluruh kayu glugu terendam. Sesekali anda bisa menguaskan campuran solar dan oli bekas ini agar cepat meresap ke pori-pori kayu.
  4. Proses perendaman kayu glugu ini akan berlangsung selama 5-7 hari. Semakin lama kayu direndam, maka tingkat keawetannya akan semakin baik.

Dengan merendamnya di dalam solar dan oli bekas, kualitas suatu kayu glugu bisa semakin kuat. Hanya saja metode ini akan menyebabkan kayu berbau solar yang menyengat. Tapi tenang, seiring berjalannya waktu, bau tersebut akan hilang dengan sendirinya. Kayu glugu yang sudah diawetkan bisa dibuat menjadi furnitur yang memiliki kualitas tinggi.