Perawatan
Sep9

Biar Perabotan Kinclong, Nih Cara Pernis Ulang Kayu!

Bagaimana cara pernis ulang kayu agar perabotan tersebut tampak kinclong kembali? Furniture-furniture yang terbuat dari kayu memang memiliki pesona keindahannya tersendiri. Tampilan furnitur kayu ini begitu menarik dan terlihat sangat alami. Sayangnya pernis pada perabotan kayu lambat laun akan memudar sehingga permukaannya pun menjadi kusam.

cara-pernis-kayu.jpg

Perabotan Kayu

Pada dasarnya, mempernis ulang perabotan kayu jati itu terbilang mudah. Dengan bermodalkan peralatan dan bahan-bahan yang sederhana, anda dapat memperbarui tampilannya. Akan tetapi, dibutuhkan ketelatenan yang tinggi untuk menghasilkan tampilan yang menawan. Kesalahan justru dapat berakibat fatal pada rusaknya keindahan asli dari furniture tersebut.

Alat dan Bahan :

  • Ampelas
  • Dempul
  • Terpentin
  • Kain Lap
  • Pernis

Langkah-langkah :

  1. Kikis lapisan pernis yang lama pada permukaan kayu menggunakan ampelas. Disarankan memakai ampelas yang bertekstur tidak terlalu kasar agar tidak menimbulkan goresan pada perabotan. Jangan lupa ampelas juga pada celah-celah perabotan yang sempit.
  2. Untuk memperhalus permukaannya, anda bisa mengampelas perabotan kayu sekali lagi. Namun kali ini adalah dengan memakai ampelas yang berserat sangat halus. Hati-hati jangan menekan terlalu keras sebab dapat menimbulkan cekungan yang mengurangi daya tarik furniture.
  3. Pada perabotan kayu yang lama biasanya dapat dijumpai lubang-lubang kecil yang akan mengurangi estetikanya. Anda bisa menutupi lubang-lubang ini memakai dempul. Caranya panaskan dempul biar agak mencair, lalu segera masukkan dempul ini pada lubang yang terdapat di kayu sampai tertutup rata. Ulangi pekerjaan hingga seluruh celah tertutup dengan baik.
  4. Langkah selanjutnya yaitu membersihkan permukaan furniture sebelum dipernis. Anda bisa menggunakan cairan terpentin supaya pembersihannya lebih optimal. Penerapan cairan ini ialah dengan menuangkan terpentin ke kain lap terlebih dulu, kemudian menggosokkan kain lap ke seluruh permukaan furniture secara merata. Kemudian biarkan selama beberapa saat hingga cairan terpentin ini benar-benar mengering.
  5. Tahap terakhir adalah memoles perabotan dengan pernis. Ada beragam metode yang bisa dipakai dalam menerapkan pernis antara lain dengan kuas, air brush, dan kain lap. Teknik yang paling mudah yakni dengan mengelapkan pernis memakai kain yang lembut secara merata. Metode ini terbilang lebih cepat dilaku dan dapat menghasilkan tampilan yang halus dibandingkan dua metode yang lainnya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!