Perawatan
Feb22

Bersihkan Kipas Laptop dengan Langkah Mudah Ini!

Membersihkan kipas laptop sebaiknya dilakukan secara rutin mengingat debu dan kotoran yang menempel bisa membahayakan komponen-komponen yang ada pada laptop. Seperti halnya komputer desktop, kipas di laptop pun mampu menyedot debu-debu yang beterbangan di sekitarnya. Jika dibiarkan, lambat laun debu-debu ini akan menumpuk dan semakin menebal. Kinerja kipas yang diselimuti oleh debu menjadi tidak optimal, sehingga mesin cepat panas. Tidak hanya itu saja, kondisi yang kotor ini juga biasanya akan menimbulkan suara bising.

membersihkan-kipas-laptop.jpg

Masih ingat dengan cara membersihkan AC yang pernah kami posting sebelumnya? Sebenarnya, teknik pembersihan fan laptop ini sedikit mirip. Cuma, di sini kita perlu lebih teliti dan berhati-hati sebab komponen pada laptop termasuk komponen yang rapuh dan strukturnya memiliki celah yang sempit.

Peralatan yang dibutuhkan :

  • Obeng kecil
  • Kompresor udara
  • Kuas kecil

Langkah-langkah :

Pertama-tama matikan laptop terlebih dahulu. Selanjutnya keluarkan baterai untuk menghindari terjadinya arus pendek selama proses pembersihan, kami juga menyarankan untuk mencabut adaptor AC-nya. Kemudian cari sebuah ventilasi udara yang biasanya terdapat pada bagian bawah dan dekat dengan kipas.

Jika anda sudah menemukan ventilasi tersebut, lepaskanlah perlahan-lahan dan jangan memaksa untuk menariknya. Tetaplah bersikap hati-hati untuk menghindari kecerobohan yang mungkin akan merusaknya. Berikutnya, anda akan menemukan sebuah kipas tepat berada di balik ventilasi tersebut.

Sekaranglah waktunya untuk membersihkan kipas dari kotoran dan debu. Caranya sangat mudah, cukup dengan meniup fan tersebut dengan memakai kompresor udara ke seluruh bagiannya sampai bersih. Gunakan tekanan yang rendah saja dan jangan mengarahkannya pada nozzle. Tekanan udara yang kuat bukan tidak mungkin mampu merusak kipas dan rangkaian elektronik di sekitarnya.

Setelah semua debu hilang, anda bisa memastikan kebersihannya dengan menyapunya kembali menggunakan kuas. Selalu hati-hati dan jangan menekan kuas terlalu kuat, cukup dengan irama yang sama dan posisi mengambang.

Langkah terakhir adalah menutup kembali ventilasi udara tersebut dan memasang semua komponen seperti sedia kala. Kami berani bertaruh laptop anda saat ini, bekerja lebih tenang dan lebih dingin daripada sebelumnya. Lakukan pembersihan kipas minimal 3 bulan sekali agar kinerja kipas laptop bisa tetap terjaga.