Perawatan
Dec5

Berbagai Ide Ventilasi Udara untuk Rumah Mungil

Sebagai jalur keluar masuknya udara dan sinar matahari, ventilasi udara merupakan salah satu penentu kualitas rumah yang sehat. Dengan memastikan udara di rumah dapat bergantian lancar, kondisi di dalamnya pun menjadi lebih segar dan tidak lembab. Selain itu, di samping berfungsi untuk mematikan kuman dan mengusir bau tidak sedap, sinar matahari yang masuk juga akan membuat rumah beraroma khas alami.

Namun untuk hunian yang berukuran mungil, anda perlu trik khusus untuk menyediakan bukaan ventilasi udara ini. Lebih-lebih bila kondisi rumah anda berhimpitan dengan rumah-rumah tetangga sekitar. Nah biar lebih mudah, berikut ini ide-ide dari Arafuru.com selengkapnya :

Jendela Kaca Nako

ventilasi-udara-jendela.jpg

Sirkulasi udara yang bisa anda manfaatkan pertamakali adalah jendela. Pada hunian mungil, kami lebih merekomendasikan pembuatan jendela kaca nako. Jendela ini terbilang sangat praktis untuk dibuka dan ditutup, sehingga cocok diaplikasikan pada rumah mungil. Selain sebagai tempat bertukarnya udara, anda juga bisa mengatur seberapa besar tingkat cahaya yang masuk ke ruangan dengan sangat mudah.

Kisi-kisi Dinding

ventilasi-udara-kisi-kisi-dinding.jpg

Ventilasi udara kedua yang juga kami sarankan pada hunian mungil adalah kisi-kisi dinding. Cobalah membuat kisi-kisi dinding ini menghadap langsung keluar rumah sehingga pertukaran udara lebih maksimal. Sebaiknya, pembuatan kisi-kisi ini diletakan di dinding bagian bawah atau atas agar tidak mengganggu dan mengurangi tingkat keamanan rumah.

Paving Block

ventilasi-udara-paving-block.jpg

Saat ini, di pasaran sudah tersedia paving block yang ditujukan khusus untuk ventilasi udara. Modelnya pun bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk sederhana sampai rumit sekalipun. Usahakan pemilihan model paving ventilasi ini disesuaikan dengan konsep rumah yang anda usung. Selanjutnya, pasanglah paving-paving tersebut di dinding yang cukup tinggi dekat plafon.

Bukaan Langit-langit

ventilasi-udara-bukaan-atas.jpg

Ventilasi udara juga dapat dihadirkan dalam bentuk bukaan di langit-langit rumah. Model ventilasi seperti ini sangat sesuai diterapkan pada rumah yang berada di lingkungan padat penduduk. Hanya saja, karena ventilasi ini harus membuka bagian atap, maka otomatis air hujan pun bisa masuk ke rumah. Agar air hujan tersebut lebih berguna, anda dapat membuat kolam ikan atau taman indoor persis di bawah bukaan tadi.