Perawatan
Nov26

Berbagai Cara Unik untuk Mengusir Tikus dari Rumah

Apakah di rumah anda banyak tikus? Sudah menerapkan berbagai cara mengusir tikus dari rumah namun tak ada hasilnya? Hal ini wajar karena tikus termasuk salah satu hewan yang cukup cerdik.

Semua orang pasti tidak suka dengan kedatangan tikus di rumahnya. Selain suka mencuri, yang lebih berbahaya tikus juga bisa menularkan penyakit seperti Murine Thypus, Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS), Rat-bite fever (RBF), Salmonella enterica serovar Typhimurium, dan Leptospirosis. Tak hanya itu, tikus juga hobi merusak furnitur dengan cara menggerogotinya.

Nah ternyata, ada beberapa cara unik untuk membasmi tikus dan terbukti bekerja. Apa saja?

1. Mengalungkan Lonceng di Leher Tikus

cara-mengusir-tikus-dengan-lonceng.jpg

Tikus merupakan binatang yang hidup secara berkelompok. Sama seperti manusia, tikus juga akan mengalami perasaan tidak nyaman jika berada di lingkungan berisik. Terlebih jika sumber suara tersebut dekat sekali dengannya.

Untuk melakukan hal ini, pastikan anda telah menangkap seekor tikus hidup-hidup dengan menggunakan perangkap kawat. Kemudian, gunakan sarung tangan yang cukup tebal untuk menghindari gigitan dan cakarannya. Setelah itu, tangkap tikus tersebut dan sesegera mungkin kalungkan lonceng di lehernya. Akan lebih mudah jika anda memiliki bius sehingga tikus akan tenang dalam beberapa saat. Terakhir, lepaskan tikus tersebut agar kembali ke koloninya.

Setelah tikus bergabung dengan keluarganya, tikus-tikus yang lain merasa tidak nyaman karena mendengar suara berisik. Mereka akan menjauhi si tikus pemakai kalung lonceng itu. Namun, kemanapun mereka pergi tentu akan diikuti oleh si tikus yang satu ini. Hasilnya, sekelompok tikus ini akan kocar-kacir untuk menghindari temannya yang berisik.

2. Mewarnai Tubuh Tikus

cara-mengusir-tikus-dengan-warna.jpg

Tikus mengenali kelompoknya dengan bentuk dan warna tubuhnya yang mirip. Jika ada suatu hewan yang tampak berbeda, tentu mereka akan menjauhinya karena merasa hewan tersebut adalah musuhnya. Di lain pihak, tikus yang sudah diwarnai tetap menganggap dirinya masih sama seperti kelompoknya. Maka, terjadilah kejar-kejaran antar tikus yang tiada henti.

Pertama-tama, pastikan anda telah menangkap tikus yang masih hidup dengan perangkap kawat. Selanjutnya, siapkan pewarna yang berkelir cerah seperti oranye, kuning, hijau, dan biru. Lalu, kuaskan pewarna tersebut ke tubuh tikus sampai merata. Terakhir, biarkan tikus ini lepas dan bergabung kembali dengan teman-temannya. Kelompok tikus yang merasa ketakutan dengan kedatangan makhluk asing ini akan tercerai-berai. Meskipun begitu, si tikus unik ini akan terus membuntutinya.

3. Memotong Ekor Tikus

cara-mengusir-tikus-dengan-memotong-ekor.jpg

Memang terdengar sangat sadis untuk cara yang terakhir ini. Namun jika anda membandingkannya dengan meracuni atau menaruh jebakan pembunuh tikus, tentu cara ini bisa dibilang setingkat lebih ramah. Memotong tikus tenyata bisa menjadi hukuman paling mengesankan, serta membuat si tikus dan kawanannya jera terhadap situasi di rumah anda.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, pastikan anda sudah menangkap seekor tikus menggunakan perangkap kurungan kawat. Selanjutnya, potong ekor tikus tersebut menggunakan gunting yang sangat tajam. Sebaiknya langkah ini dilakukan di tempat sepi agar orang-orang di sekitar anda tidak merasakan takut dan menimbulkan perasaan tertentu, terlebih untuk anak-anak. Berikutnya, segeralah lepaskan tikus tadi dan biarkan ia menceritakan pengalaman pahitnya ke seluruh keluarga besarnya. Ingat, cara ini tidak direkomendasikan untuk anda yang merupakan pecinta tikus sejati.