Perawatan
Aug4

Begini Teknik dan Cara Memperbaiki Dinding Retak

cara-memperbaiki-dinding-retak.jpg

Dinding rumah lambat laun akan mengalami keretakan seiring berjalannya waktu. Dinding retak biasanya juga disebabkan oleh kesalahan konstruksi dan teknik pembangunan yang kurang baik. Tentu, Anda sebagai pemilik rumah tidak ingin rumah Anda mengalami hal ini. Lalu bagaimana cara memperbaikinya jika masalah ini sudah terlanjur melanda rumah Anda?

Berdasarkan tingkat kerusakannya, keretakan pada dinding bisa dibedakan menjadi dua macam. Keretakan pertama biasa disebut dengan keretakan rambut atau retak rambut. Keretakan ini memiliki lebar kurang dari 1 milimeter dan tidak menembus sampai ke sisi dinding di baliknya. Keretakan rambut biasanya disebabkan oleh finishing yang kurang sempurna, misalnya, komposisi plesteran kurang pas, saat hendak memlester dinding tidak disiram air dahulu, penggunaan cat yang kurang bagus, atau plesteran yang belum kering.

Keretakan jenis kedua biasa disebut retak struktur. Keretakan ini lebih parah daripada retak rambut karena memiliki ketebalan mencapai 2 milimeter hingga lebih. Dinding yang mengalami keretakan pada strukturnya juga akan menembus hingga sisi di baliknya.

Berikut ini panduan lengkap untuk memperbaiki dinding yang retak :

KERETAKAN RAMBUT

1. Memperlebar Keretakan Dinding

Mulailah dengan memperlebar keretakan yang ada di dinding agar perbaikan nantinya bisa maksimal sampai ke bagian dalam. Caranya adalah cukup dengan mengeriknya perlahan sampah ditemukan kedalaman maksimalnya. Gunakan bantuan pencahayaan yang terang agar bisa Anda benar.

2. Mengisi Keretakan dengan Pelapis

Setelah Anda berhasil memperlebar dinding yang retak. Langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan campuran pelapis. Pertama-tama gunakan wall filter sebagai lapisan dasar, lalu tunggu hingga kering. Setelah benar-benar mengering Anda bisa mengamplasnya. Kemudian tambahkan wall sealer sebagai lapisan terluar. Setelah lapisan ini mengering, Anda bisa mulai mengecatnya ulang.

3. Gunakan Nat untuk Menutupi Keretakan Sudut

Biasanya, banyak dijumpai retak rambut di sudut dinding yang bertumbukan langsung dengan kusen kayu. Banyak orang yang membiarkannya karena hal ini lumrah terjadi. Tetapi Anda bisa memperbaiki keretakan secara mudah dengan memakai nat. Nat adalah campuran semen yang biasa digunakan sebagai pelapis celah-celah keramik. Adapun cara melakukannya adalah Anda perlu memastikan keretakan sudah berhenti. Lalu bersihkan keretakan ini memakai paku. Selanjutnya, berikan lapisan nat ke dalam tembok. Terakhir, amplas tembok untuk mendapatkan hasil permukaan yang halus.

KERETAKAN STRUKTUR

1. Memperbaiki Kolom Balok yang Retak

Apabila kolom balok di rumah Anda mengalami retak struktur. Anda bisa memperbaikinya dengan cara menambah plesteran sehingga tulangan besi tidak berkarat akibat berhubungan langsung dengan lingkungan luar.

2. Memperbaiki Balok yang Retak

Jika yang retak adalah balok. Perbaikan bisa dilakukan dengan menambahkan kolom di bagian bawah balok sehingga bebannya berkurang. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan, maka Anda bisa menyuntikkan (grouting) cairan kimia khusus (epoxy) yang bersifat mengikat dan mudah mengering. Selanjutnya, lakukan pembesaran ukuran balok dengan kekuatan dari luar.

3. Memperbaiki Pondasi yang Retak atau Turun

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu memeriksa keretakan dindin terparah ada di sebelah mana. Berikutnya, padatkan lapisan tanah di bawah pondasi dan buat kolom baru untuk membantu menahan beban dari balok lantai pada bagian atasnya.

4. Memperbaiki Keretakan Pada Kolom/Tiang

Untuk memperbaiki kolom/tiang retak, solusinya sama seperti pada poin kedua yaitu dengan cara meng-grouting kolom dengan epoxy agar ukurannya bertambah lebar.

  • SHARE!

Related Posts