Perawatan
Apr22

Begini Caranya Mengusir Bau Tak Sedap di Dalam Rumah!

Bagaimana caranya mengusir bau tak sedap di dalam rumah? Kadang-kadang di interior rumah tercium aroma tidak sedap, baik karena tumpukan sampah, cucian piring, ataupun bahan makanan. Bau-bau tidak mengenakkan tersebut tentunya dapat merusak kenyamanan di rumah dan menimbulkan kesan lingkungan yang jorok.

Bisa saja menghilangkan aroma busuk tersebut dengan memakai pengharum ruangan yang banyak dijual di toko. Tetapi aroma wanginya hanya bertahan sementara, pun pengharum sintetis juga kerapkali melepaskan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan apabila terhirup. Solusinya tidak lain adalah memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai wewangian rumah dan menerapkan pola hidup yang bersih.

cara-mengusir-bau-tak-sedap.jpg

Rumah yang Segar

Nah, berikut adalah kiat-kiat dari Arafuru untuk mengusir bau tak sedap di dalam rumah!

1. Rebus Buah Lemon untuk Menyegarkan Dapur

Bau tak sedap yang tercium di dalam rumah paling sering disebabkan oleh proses pengolahan bahan makanan, entah itu ikan, daging, telur, terasi, ataupun bawang. Untuk itu, anda bisa mulai menghilangkan aroma-aroma tidak mengenakan ini dari dapur guna menghilangkan bau di kompor dan asap masakan. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan buah lemon. Pertama, potonglah buah lemon menjadi dua bagian. Setelah itu, masukkan kedua potongan lemon tadi ke dalam panci kecil dan tambahkan air secukupnya. Kemudian, rebuslah panci tersebut selama beberapa saat agar menghasilkan uap. Nah, uap dari rebusan lemon ini yang berguna untuk menyegarkan kembali lingkungan dapur dan sekitarnya. Untuk saran pengharum ruangan alami lainnya, anda bisa mendapatkannya di sini.

2. Lawan Bau Tak Sedap dengan Aroma Cuka

Seperti yang sudah pernah dibahas di sini, cuka terbukti efektif mengusir bau tak sedap di dalam suatu ruangan. Kinerja bumbu dapur ini adalah dengan menetralisir bau busuk menggunakan aroma khasnya yang kecut. Adapun caranya adalah tuangkan cuka ke dalam baskom ukuran sedang secukupnya, lalu letakkan di tengah-tengah ruangan. Biarkan baskom tersebut tetap berada di ruangan selama semalaman penuh. Niscaya bau tak sedap pun hilang seketika, meski harus diawali dulu dengan aroma kecut khas cuka.

3. Atur Kembali Sirkulasi Udara di Dalam Rumah

Apakah di dalam rumah anda sering tercium bau tidak enak? Salah satu penyebabnya adalah mungkin sirkulasi udara di dalamnya tidak berjalan dengan baik. Rumah dengan perputaran udara yang buruk akan menyebabkan tingkat kelembabannya meningkat, serta memicu kuman dan bakteri penyebab bau untuk berkembang biak. Untuk mengatasinya, anda bisa membuka pintu dan jendela setiap pagi hingga sore, menyalakan kipas angin untuk memutar udara lebih maksimal, dan memasang kipas filter udara.

4. Seka Noda dan Kotoran dengan Segera

Walaupun sedikit, noda dan kotoran berpotensi besar menjadi sumber bau tidak sedap di rumah. Oleh karena itu, anda harus segera menyekanya sebelum kotoran-kotoran tersebut merembet ke permukaannya lainnya dan meluas. Disarankan membersihkan kotoran tersebut dengan cara menekan dan menepuk-nepuk area yang kotor memakai kertas tisu atau kain lap. Tujuannya agar kotoran cepat terangkat, tidak terserap ke dalam bahan, dan tidak menjalar ke sekitarnya. Sebaliknya, hindari menggosok atau mengusap tumpahan kotoran karena justru akan menyebabkan munculnya noda membandel di permukaan tersebut dan menimbulkan bau.

5. Bersihkan Kain-kain Secara Rutin

Bahan kain sangat mudah menyerap debu dan uap air sehingga menimbulkan bau yang apek. Karenanya, aksesoris-aksesoris yang terbuat dari kain seperti tirai, karpet, keset, taplak meja, dan sofa cover harus dibersihkan secara rutin sebab rentan terkena tumpahan makanan dan minuman, debu, residu, uap air, serta partikulat udara. Selain itu, biasakan juga melepas alas kaki di luar rumah agar kotoran-kotoran yang menempel tidak ikut terbawa masuk ke dalam rumah.