Perawatan
Aug13

Begini, Cara yang Benar untuk Membersihkan Botol Bayi

cara-membersihkan-botol-bayi.jpg

Membersihkan botol bayi, meskipun terlihat gampang tetapi harus dilakukan dengan teliti agar buah hati Anda aman menggunakannya. Namun bagi orang tua muda yang baru memiliki anak, tentu akan mengalami suatu kebingungan saat hendak merawatnya. Selain bertanya pada orang tua, kebiasaan lainnya adalah mencari referensi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Perawatan botol bayi yang paling penting adalah pada kondisi fisik dan aroma botolnya. Kondisi fisik botol harus benar-benar steril sehingga tidak mencemari susu. Aroma botol pun harus selalu segar, dalam artian bukan segar karena adanya aroma tambahan tetapi segar karena bersih. Jangan sampai ada kandungan kimia berbahaya yang tertinggal di dalam botol dan membuat kesehatan bayi Anda terganggu.

Alat-alat yang diperlukan :

  • Botol bayi
  • Ember
  • Air Panas
  • Sabun cuci piring

Tata cara mencuci botol bayi yang benar :

  1. Pertama-tama, buang semua sisa-sisa susu yang masih tertinggal di dalamnya. Lalu bilas dengan air bersih sambil dikocok perlahan.
  2. Kedua, gosokkan sabun cuci piring di seluruh permukaan botol secara merata. Gunakan bantuan suatu alat panjang/pegangan sendok untuk menjangkau area bawah botol bagian dalam. Setelah itu, dibilas lagi dengan air yang mengalir.
  3. Setelah memastikan botol bayi sudah bersih dan tidak berbau, langkah selanjutnya Anda bisa merendam botol tadi ke dalam air panas. Tunggu sekitar 5 menit agar botol menjadi steril.
  4. Terakhir, Anda cukup menganginkannya sebentar agar botol tidak panas sebelum diberikan ke bayi Anda.

Info tambahan :

Tidak semua bayi suka dengan susu yang hangat. Beberapa di antara mereka bisa mengalami panas dalam jika terlalu sering diberikan susu hangat. Kondisi ini bisa Anda amati dari permukaan lidahnya yang timbul bercak-bercak putih. Oleh sebab itu, alangkah baiknya Anda menyelang-nyeling suhu susu bayi agar ditemukan suhu yang pas untuk buah hati Anda.