Perawatan
Sep4

Begini Cara Perbaiki Plesteran Dinding Rontok yang Benar!

cara-memperbaiki-plesteran-dinding-rontok.jpg

Bagaimana cara memperbaiki plesteran dinding yang rontok? Sebenarnya penyebab utama dari masalah ini terletak pada bahan baku pasir yang digunakan dalam membuat plesteran. Pasir yang diambil dari sungai lebih mungkin mengakibatkan hal ini karena kandungan tanah liatnya yang tinggi.

Jika beberapa plesteran di rumah anda tiba-tiba rontok, tidak usah bingung. Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan panduan berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Pasir
  • Semen
  • Air
  • Ember
  • Kape
  • Pahat beton
  • Sekop

Langkah-langkah :

  1. Dengan menggunakan pahat, anda dapat memulai langkah ini dengan mengupas seluruh bagian plesteran dinding yang kopong/akan rontok. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai merusak bagian susunan bata di baliknya.
  2. Setelah semua plesteran telah dikupas secara merata, selanjutnya bersihkan sisa-sisa plesteran yang masih terlihat dengan menggunakan bantuan air. Untuk plesteran yang masih cukup kuat, anda dapat mengulitinya memakai kape. Usahakan semua plesteran yang rontok tersebut telah terbuang semua.
  3. Setelah itu, anda dapat membuat adonan semen yang berkualitas baik dengan mencampurkan pasir dan semen memakai perbandingan 5:1 atau sesuai petunjuk pada kemasan semen. Tambahkan air sedikit untuk mengencerkan adonan tadi. Aduk perlahan supaya adonan tercampur rata.
  4. Gunakan adonan semen tadi untuk me-mlester kembali dinding yang sudah anda bersihkan tadi. Pada langkah ini, diperlukan keterampilan yang tinggi agar hasil plesteran terlihat rata dan rapi.
  5. Bila lapisan plesteran sudah mengering, anda bisa menghaluskannya memakai adonan acian dari semen. Karena terletak di lapisan paling luar, acian yang terbentuk harus benar-benar rapi.
  6. Terakhir, anda dapat mengecat kembali dengan warna yang anda kehendaki. Ikuti petunjuk di sini untuk panduan mengecat yang benar.

Selamat mencoba. Ingat selalu teliti dan berhati-hati dalam mengerjakan langkah-langkah di atas!