Perawatan
May28

Begini Cara Menghilangkan Noda Cat di Pakaian!

Bingung bagaimana menghilangkan noda cat dari pakaian anda? Agar anda bisa mengatasinya dengan mudah, ikuti panduan dari arafuru.com berikut ini. Secara garis besar, ada dua jenis cat di pasaran Indonesia yaitu cat minyak dan cat lateks. Kedua noda cat ini bisa dihilangkan dengan mudah asalkan kondisinya belum kering. Jadi ketika anda terkena cat, usahakan permukaan pakaian tersebut tetap basah sampai anda punya waktu untuk mengatasinya. Pembersihan noda cat yang sudah mengering hampir mustahil dilakukan.

Selain untuk pakaian, teknik berikut ini bisa anda gunakan juga pada aksesoris berbahan kain lainnya :

Cat Minyak

Noda cat minyak harus segera dihilangkan ketika kondisinya masih basah. Apabila sudah mengering, butuh tenaga super ekstra untuk menghapusnya. Oleh karena itu, ketika anda terkena cat ini, usahakan langsung diberi air sebelum serat kain menyerapnya.

Mulailah dengan mengoleskan cairan thinner/terpentin di atas noda pakaian tadi. Gosok memakai sikat atau sendok pada noda tadi dan sisi baliknya untuk menghapusnya secara perlahan. Berikan alas berupa handuk bekas untuk menyerap noda yang keluar agar tidak semakin melebar. Kuncinya adalah telaten dan sabar.

Setelah cat di kain sudah mulai meluntur, segera cuci pakaian tersebut dengan deterjen sampai bersih. Kemudian, rendam di air panas semalaman. Cuci sekali lagi jika noda dan bau thinner masih tersisa.

menghilangkan-noda-cat.jpg

Cat Lateks

Pertama-tama balik pakaian anda lalu siram dengan air hangat. Selanjutnya, gunakan deterjen untuk menghilangkan noda tadi. Cukup dikucek saja secara perlahan dan jangan disikat untuk menghindari penyebaran noda. Ulangi beberapa kali sampai noda terlihat menipis.

Setelah noda cat sudah mulai tenggelam, rendamlah pakaian tersebut dengan produk pembersih pakaian yang dibintangi oleh Donna Agnesia (pastinya anda langsung tahu merk yang kami maksud kan?). Biarkan rendaman ini selama tiga jam lalu lihat hasilnya. Jika masih sedikit terlihat, kucek sekali lagi dengan deterjen andalan anda.

Untuk pakaian yang berbahan kain tenun/sulam, penghilangan noda ini bisa dilakukan dengan bantuan cairan alkohol. Cairan ini akan bekerja sangat efektif membantu anda dalam menghilangkan noda tadi. Caranya, siram noda pakaian dengan cairan alkohol sedikit saja. Lalu sikat noda tadi secara perlahan, pasti akan langsung cepat hilang.

Beberapa hal yang harus anda ketahui tentang pembersihan noda cat di pakaian, antara lain :

  1. Cairan pemutih khusus digunakan untuk pakaian berwarna putih. Jika anda memaksakannya pada pakaian berwarna-warni, hasilnya pakaian pun menjadi luntur.
  2. Penggunaan serbuk asam sitrat (sitrun) berguna untuk mencerahkan kembali warna di pakaian agar tidak kusam.
  3. Noda cat sebenarnya termasuk noda yang membandel karena akan melekat sangat kuat di serat pakaian. Jadi, sangat wajar jika anda perlu waktu yang lama untuk menghilangkannya.
  4. Gunakan pakaian yang rusak/jarang dipakai selama proses pengecatan agar anda tidak menyesal ketika pakaian tersebut terkena cat.
  5. Selama proses pengecatan, selalu gunakan alas koran untuk menghindarkan lantai dari noda cat.

Selamat mencoba!