Perawatan
Aug27

Begini Cara Memperbaiki Genteng Aspal yang Bocor!

cara-memperbaiki-genteng-aspal-yang-bocor.jpg

Seperti yang pernah kami bahas di sini, genteng aspal merupakan salah satu varian atap yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pemasangan genteng atap yang berbentuk lembaran berbobot ringan ini tergolong lebih mudah dibandingkan dengan jenis atap yang lainnya.

Menurut bentuk permukaannya, ada 2 macam genteng aspal yang dijual di pasaran, yaitu genteng datar dan bergelombang. Adapun pemasangan genteng aspal berbentuk datar umumnya menggunakan sekrup dengan tumpuan tripleks. Sedangkan, untuk memasang genteng aspal bergelombang tidak memerlukan reng, melainkan hanya menggunakan gording saja. Meskipun berbeda bentuk, kedua jenis genteng aspal ini tetap mampu menahan sengatan matahari dan tidak menimbulkan suara berisik terutama saat hujan turun.

Apabila genteng aspal di rumah anda ada yang bocor, cobalah memperbaikinya dengan panduan dari Arafuru.com berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Lembaran genteng aspal baru
  • Spidol
  • Cutter
  • Linggis kecil
  • Penggaris siku
  • Paku
  • Martil
  • Tangga

Langkah-langkah :

  1. Carilah di mana letak kebocoran pada genteng aspal rumah anda, kemudian buatlah penanda di sana memakai bantuan spidol.
  2. Potonglah bagian genteng yang sudah ditandai tersebut menggunakan cutter. Usahakan, pemotongan ini membentuk pola persegi agar hasilnya rapi.
  3. Selanjutnya, lepaskan paku-paku yang menancap pada bagian genteng aspal yang akan diangkat tersebut memakai linggis. Pastikan paku yang ada pada bagian bocor ini telah diangkat semua agar anda tidak mengalami kesulitan dalam melepasnya nanti.
  4. Dengan berhati-hati, angkatlah lembaran genteng yang sudah terpotong ini. Tetaplah mengerjakannya secara perlahan-lahan agar tidak merusak bagian genteng yang lain.
  5. Berikutnya, gunakan bekas potongan genteng tersebut untuk membuat cetakan pada lembaran genteng aspal baru. Pastikan bentuk dan ukuran pola cetakan yang dibuat sama persis, sehingga cocok digunakan untuk menambal bekas potongan sebelumnya.
  6. Potong pola cetakan tadi memakai cutter dengan bantuan penggaris siku agar bagian tepinya bertekstur rata.
  7. Kemudian, pasanglah potongan genteng baru ini pada posisi bekas genteng bocor sebelumnya. Tekan-tekan sedikit agar bagian bawah genteng menempel kuat dengan penopangnya.
  8. Terakhir, gunakan paku untuk menguatkan tempelan genteng atap yang baru ini.

Selamat mencoba!