Perawatan
Aug16

Begini Cara Membersihkan Kipas Angin yang Benar!

cara-merawat-kipas-angin.jpg

Bagaimana cara membersihkan kipas angin yang benar? Salah satu bentuk perawatan terhadap kipas angin yang kita miliki adalah membersihkannya secara rutin. Minimal sebulan sekali kipas tersebut harus dibersihkan agar terbebas dari debu dan kotoran. Jika debu dibiarkan menumpuk, maka besar kemungkinan akan terjadi konsleting dan merusak komponen elektronika di dalam kipas tersebut.

Alat dan Bahan :

  • Kuas besar
  • Kuas kecil
  • Kain non-fiber
  • Busa
  • Air sabun

Langkah-langkah :

  1. Matikan kipas angin dan cabut kabelnya dari sumber listrik. Kemudian, letakkan kipas di ruangan lapang terbuka agar anda lebih mudah dalam membersihkannya.
  2. Gunakan obeng plus untuk membuka casing kipas yang terbuat dari susunan kawat. Selanjutnya, bersihkan debu yang menempel pada casing tersebut memakai kuas besar. Apabila ada noda yang membandel, anda dapat mencucinya dengan busa dan air sabun.
  3. Pembersihan selanjutnya adalah pada bagian baling-baling. Sama seperti kipas laptop, bagian ini sebenarnya bisa dilepas begitu mudah. Namun untuk menghemat waktu, anda tetap bisa membersihkan baling-baling tanpa melepasnya. Gunakan kain non fiber untuk menghapus debu-debu yang menempel pada bagian muka baling-baling. Sedangkan, pembersihan bagian belakangnya dapat dilakukan dengan bantuan kuas kecil.
  4. Jangan lupa bersihkan bagian besi poros kipas angin juga. Selain debu, biasanya tali dan rambut juga kerap mengotori bagian ini. Anda dapat memakai kuas kecil untuk menghilangkan kotoran-kotoran tadi.
  5. Tahap terakhir adalah memastikan seluruh casing luar kipas angin telah bersih sempurna. Gunakan kain non fiber untuk menyeka semua kotoran di sini.

Selamat mencoba! 😀