Perawatan
Nov14

Bahan-bahan Alami untuk Membersihkan Perabotan

Tahukah Anda, perabotan usang di rumah Anda bisa dibersihkan menggunakan bahan-bahan alami. Anda tidak perlu memakai sabun, deterjen, atau cairan pembersih lainnya hanya untuk membersihkan barang-barang tersebut. Cukup manfaatkan saja bahan makanan, minuman, dan bumbu dapur sebagai bahan pembersih alami. Dijamin deh perabotan rumah tangga Anda bakal bersih berkilau seperti baru. Anda pasti tidak menyangka kalau bahan-bahan tersebut sebenarnya mampu bekerja dengan baik sebagai pembersih.

Lantas apa saja sih bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan pula sebagai pembersih perabotan?

Lemon untuk Mencuci Piring

Ada banyak sekali produk cairan pencuci piring yang menggunakan lemon sebagai salah satu komposisi utamanya. Tidak hanya berguna untuk memberikan aroma yang menyegarkan, lemon tersebut ternyata ampuh sekali untuk membuat piring-piring kotor menjadi bersih kembali. Cairan lemon memang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kotoran yang terdapat di permukaan piring, khususnya noda yang membandel. Anda cukup menggosokkan lemon ke piring dan menunggunya beberapa saat, lalu bilas. Piring pun langsung bersih.

Jeruk Nipis untuk Membersihkan dan Mengkilapkan

Sama seperti lemon, air sari yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga, terutama benda-benda yang terbuat dari bahan stainless steel. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kemampuan untuk membersihkan kotoran sekaligus membuat permukaan barang logam menjadi mengkilap. Silakan Anda bisa membiasakan diri dengan membersihkan perabotan stainless steel tersebut memakai jeruk nipis agar kilaunya tetap terjaga.

Kulit Pisang untuk Menghilangkan Debu

Jangan pernah membuang kulit pisang begitu saja. Pasalnya kulit pisang tersebut ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan debu yang menempel pada permukaan benda yang bentuknya rumit, seperti tanaman hias. Anda pasti akan mengalami kesulitan kalau harus membersihkan tanaman hias memakai kain lap atau kemoceng. Tetapi dengan memanfaatkan kulit pisang, pekerjaan yang satu ini bakal terlaksana dengan mudah sekali. Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang ke setiap bagian tanaman berikut daun-daunnya.

Kulit Jeruk untuk Mengusir Bau

Di beberapa bagian rumah Anda pasti tercium aroma tidak sedap yang disebabkan oleh menumpuknya kotoran-kotoran membandel yang susah dihilangkan. Jika bau tersebut dibiarkan begitu saja tentunya suasana di dalam rumah menjadi tidak nyaman. Anda harus mengatasinya sesegera mungkin. Salah satunya bisa dilakukan dengan memakai kulit jeruk. Yap, buah jeruk memang mempunyai aroma segar yang sangat kuat, apalagi pada bagian kulitnya. Gosokkan kulit jeruk tersebut di sudut-sudut ruangan.

Cuka Apel untuk Membersihkan Coffeemaker

Kami yakin Anda pasti suka mengopi kan? Kalau bisa tinggalkan kopi instan karena produk tersebut tidak murni terbuat dari kopi, melainkan sudah dicampur dengan bahan-bahan lain. Kalau Anda ingin merasakan nikmatnya kopi yang sesungguhnya, buatlah kopi sendiri dari biji kopi segar menggunakan coffee maker. Setelah selesai, bersihkan alat tersebut menggunakan cuka apel. Bahan alami ini tidak hanya membuat coffee maker kembali bersih dan bersinar, tetapi juga dapat menghilangkan aroma bekas kopi.

Sitrun untuk Menghilangkan Noda Membandel

Seiring dengan bertambahnya usia pemakaiannya, perabotan rumah tangga yang tadinya bersih menjadi kusam. Apalagi untuk benda-benda yang terbuat dari bahan plastik. Tapi tenang, kini Anda bisa mengembalikan pesona perabotan plastik tersebut kembali cukup menggunakan sitrun. Mulailah dengan membasahi permukaan perabotan yang akan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, usapkan sitrun secukupnya ke seluruh bagian perabotan secara merata. Setelah menunggu sekitar 3-5 jam, bilaslah dengan air bersih.

bahan-pembersih-perabotan-alami.jpg

Garam untuk Membersihkan Gelas

Anda harus memastikan gelas-gelas di rumah senantiasa dalam kondisi yang bersih dan steril. Pastikan pula tidak ada lapisan minyak yang menyelubungi gelas tersebut. Caranya mudah sekali kok karena kita hanya perlu memakai garam. Larutkan garam secukupnya ke dalam seember air hangat, kemudian aduk sampai tercampur rata. Masukkan gelas ke ember tersebut dan rendamlah selama 15-30 menit. Dengan cara ini, gelas-gelas di rumah Anda pasti lebih bersih.

Minuman Bersoda untuk Mengkilapkan Kloset

Pekerjaan membersihkan kloset memang terasa sangat merepotkan. Terlebih jika ada noda membandel yang menempel di permukaan kloset tersebut. Noda yang berwarna kekuning-kuningan ini sulit sekali dihilangkan. Mau sekuat dan sebanyak apapun Anda menggosoknya menggunakan sikat WC, noda ini tidak akan hilang apabila Anda belum mengetahui rahasianya. Triknya ternyata gampang sekali loh. Anda cukup menyiram kloset tersebut dengan minuman bersoda terlebih dahulu. Kemudian diamkan sekitar 1-2 jam. Barulah kemudian Anda bisa menyikatnya sampai bersih.

Soda Kue untuk Mesin Cuci dan Kulkas

Kadang-kadang tercium aroma yang tidak sedap dari dalam kulkas atau mesin cuci. Penyebabnya tidak lain karena bakteri yang senang berkembang biak di tempat yang lembab dan jarang dibersihkan. Kalau kebetulan di rumah Anda tidak ada cairan pembersih khusus untuk produk elektronik, gunakan saja soda kue. Pakailah soda kue ini layaknya cairan pembersih biasa. Anda perlu mencampurkannya dengan air yang cukup. Kemudian oleskan soda kue ke bagian dalam dan luar dari perangkat kulkas/mesin cuci tadi. Setelah dibilas menggunakan air bersih, mesin cuci dan kulkas tersebut pun tidak mengeluarkan bau busuk lagi.

Cuka untuk Mengkilapkan Lantai

Anda pasti kagum melihat lantai-lantai di pusat perbelanjaan serta hotel selalu dalam kondisi yang terawat dengan baik, bersih, dan mengkilap. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan cairan pembersih lantai khusus yang harganya cukup mahal. Sebenarnya Anda pun dapat membuat sendiri cairan serupa hanya dengan bermodalkan cuka. Kalau tidak percaya, cobalah mulai sekarang mengepel lantai menggunakan cuka dapur. Pasti lama-kelamaan lantai di rumah Anda pun akan bersih bersinar seperti baru.