Perawatan
Aug31

Bagaimana Tips Merawat Lantai Kayu yang Baik?

tips-merawat-lantai-kayu-yang-benar.jpg

Bagaimana tips merawat lantai kayu yang baik? Sudah diketahui banyak orang jika dibalik pesonanya yang sangat indah, lantai kayu memerlukan perawatan yang lumayan rumit. Jika tak hati-hati, bersiaplah pesona lantai di rumah anda cepat memudar.

Berikut ini tiga tips jitu dalam merawat lantai berbahan kayu rekomendasi Arafuru.com :

1. Perlakukan dengan Hati-hati

Kunci utama dalam merawat lantai kayu adalah selalu memperlakukannya dengan hati-hati. Lantai kayu sangat rawan terhadap benda-benda bersudut tajam seperti sepatu hak tinggi dan kaki furnitur. Hindari mengenakan sepatu dan sandal di rumah. Sedangkan, untuk meletakkan furnitur, gunakan alas silikon atau karpet.

Semakin bersih lantai kayu di rumah anda, semakin kecil pula kemungkinan lantai tersebut akan tergores oleh debu dan kotoran. Begitupun dalam membersihkannya, jika biasanya anda memakai sapu, gantilah dengan alat pembersih berupa penyedot debu dan kain microfiber. Hindari menggunakan produk pembersih lantai karena mengandung pH yang cukup tinggi dan dapat merusak lantai.

2. Jaga Temperatur Udara di Dalam Rumah

Pastikan anda telah memasang AC jika rumah anda akan dihiasi dengan lantai kayu. Kenapa? Secara umum, semua jenis lantai kayu tidak tahan terhadap panas dan dingin. AC berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu ruangan di angka 15 derajat celcius hingga 26 derajat celcius.

Selain suhu, faktor kelembaban juga berperan penting dalam menjaga kondisi lantai rumah anda. Kelembaban ruangan yang paling bagus berkisar antara 40-60 persen. Dengan kelembaban yang demikian, lantai tidak akan keluar dari susunannya akibat mengembang karena kepanasan. Lantai juga tidak akan ditumbuhi oleh jamur akibat terlalu lembab. Itulah kenapa penggunaan lantai kayu di Indonesia sebenarnya kurang cocok, terutama jika anda tidak memiliki perangkat pendingin ruangan.

3. Harus Diperbarui Secara Berkala

Meskipun anda telah merawat lantai kayu dengan metode sebaik apapun, lama-kelamaan warna lantai kayu tersebut akan memudar. Berbeda dengan jenis lantai yang lainnya, lantai kayu bisa diperbarui agar tampilannya bersinar seperti semula. Tentu, proses ini harus dikerjakan oleh seorang ahli yang sudah berpengalaman.

Jika diambil rata-rata, permukaan lantai kayu biasanya harus diperbarui setiap sepuluh tahun sekali. Perawatan yang maksimal dapat memperpanjang pesona lantai kayu di rumah anda.