Perawatan
Mar23

Bagaimana Membuat Ruang Tamu Tampak Luas?

Bagaimana sih supaya ruang tamu bisa tampak lebih luas? Pesona ruang tamu adalah perhatian utama kita saat ingin mendesain interior rumah. Hal ini tidak lain karena ruangan ini menjadi perhatian pertama kali ketika seseorang masuk ke rumah kita.

tips-membuat-ruang-tamu-lebih-luas.jpg

Ada beragam cara untuk memastikan ruang tamu di rumah anda mampu mengikat semua orang. Salah satunya adalah membuatnya tampak luas. Bagaimana caranya?

1. Memilih Skema Warna yang Tepat

Pemilihan skema warna merupakan poin utama untuk menciptakan kesan luas di suatu ruangan. Saat ini, banyak orang yang memilih jenis warna gelap dan tebal karena sedang tren. Tetapi jika ruang tamu anda mungil, pemakaian warna berjenis ini justru akan membuat ruangan semakin sempit.

Jadi agar tampak lebih luas, hiasilah ruang tamu dengan warna-warna terang. Tidak harus memilih warna krem atau putih kok. Kuning, hijau lemon, abu-abu muda, dan biru langit juga bisa menjadi andalan ruang tamu anda.

2. Desain dan Jumlah Furnitur yang Cukup

Kursi berukuran besar dengan sandaran lengan dan hiasan bantal memang tampak bagus ya. Namun jika anda ingin ruang tamu yang luas, pilihlah kursi ukuran sedang dengan jumlah secukupnya saja. Sebagai contoh, gunakan tiga sofa, satu kursi, dan satu meja.

3. Semakin Banyak Lantai Terlihat, Semakin Luas

Salah satu tips mendesain ruangan adalah semakin banyak lantai terlihat, maka akan ruang tersebut akan tampak semakin luas. Aturan praktis inilah yang bisa anda pegang dalam proses mendesain ruang tamu kali ini. Jadi cobalah gunakan furnitur kursi berkaki tinggi dan meja kaca daripada sofa atau meja marmer.

4. Ganti Gorden di Ruang Tamu

Gorden berwarna gelap akan terlihat berat sehingga membuat ruangan semakin sesak. Gunakan tips memilih gorden yang pernah kami bahas di sini untuk menemukan gorden yang tepat bagi ruang tamu anda. Tirai berbahan tipis bisa menjadi alternatif gorden ini.

5. Menciptakan Titik Fokus yang Luas

Titik fokus selalu bisa mempengaruhi hingga separuh dari luas seluruh ruangan. Untuk ruang tamu, titik fokus yang kami sarankan adalah lukisan dan hiasan berupa cermin. Lukisan abstrak akan menambah nilai modernitas ruang tamu. Di sekitar titik fokus ini, anda bisa mengosongkan areanya agar lebih lega.

6. Memanfaatkan Sumber Cahaya

Terakhir adalah bagaimana cara yang benar untuk memanfaatkan cahaya sebagai penambah luas ruangan. Tekniknya sederhana saja, lebih detailnya sudah kami bahas di sini. Kuncinya adalah gunakan warna berjenis putih dan bersinar terang. Cahaya matahari sangat ampuh memberikan kesan ini.