Perawatan
Apr3

Bagaimana Caranya Mencegah Lalat Masuk ke Rumah?

Apakah anda ingin mencegah lalat masuk ke dalam rumah? Lalat dikenal sebagai binatang paling jorok di dunia. Hewan bertubuh kecil dan bersayap ini senang sekali hinggap di tempat yang banyak terdapat makanannya, entah itu di tempat sampah, saluran pembuangan air, ataupun di makanan anda. Terbayang kan betapa menjijikkannya binatang yang satu ini? Belum cukup sampai di situ, ternyata cara makan si lalat ini juga mengerikan, yakni dengan memuntahkan air liurnya ke sumber makanan lalu menyedotnya kembali. Hih…

Maka tak heran, lalat sering disebut-sebut sebagai sumber bakteri. Selama ini, lalat dikenal sebagai penyebab dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan seperti muntaber, disentri, dan tifus. Oleh karena itu, mencegah lalat masuk ke interior rumah hukumnya wajib agar kondisi tubuh anda sekeluarga sehat selalu.

cara-mencegah-lalat.jpg

Lalat

Lantas, bagaimanakah caranya?

1. Singkirkan Sumber Makanan Lalat

Biasanya, lalat menyukai rumah yang lembab, kotor, dan banyak sampahnya. Cobalah perhatikan kondisi di sekeliling rumah, kira-kira apa yang membuatnya begitu suka tinggal di hunian anda? Jika memungkinkan, singkirkan jauh-jauh letak tempat sampah organik dari rumah. Pastikan semua bahan makanan anda tertutup rapat di lemari penyimpanan. Periksa apakah ada makanan yang tercecer, kalau perlu bersihkan segera.

2. Halangi Lalat agar Tidak Masuk Rumah

Perlu anda ketahui, mengusir lalat dari rumah lebih sulit daripada mencegahnya. Maka dari itu, jangan biarkan lalat-lalat bisa memasuki rumah. Tutuplah semua ventilasi udara dengan gorden dan kawat kasa, termasuk pintu dan jendela. Seringkali lalat juga memasuki rumah lewat kisi-kisi atap.

3. Jagalah Rumah Selalu Bersih

Lalat menyukai tempat yang kotor dan cenderung membenci rumah yang selalu bersih. Hal ini disebabkan kondisi rumah yang bersih memungkinkannya tidak bisa mendapatkan sumber makanan yang ia cari. Bersihkanlah interior rumah secara rutin dan biasakan untuk menjaga kebersihannya. Jangan biarkan ada tumpahan makanan dan minuman barang setetes pun. Pilih juga tempat sampah yang tertutup sehingga lalat kesulitan mendapatkan makanannya.

4. Simpan Makanan di Lemari Tertutup

Yang tak kalah penting adalah selalu simpan makanan-makanan yang anda konsumsi di lemari tertutup. Tidak hanya mencegah dari jangkauan lalat, menutup bahan makanan juga sekaligus melindunginya dari oksidasi dan mikroorganisme berbahaya. Segala buah dan daging merupakan makanan favorit lalat, karenanya harus mendapatkan tempat yang prioritas.

5. Terapkan Teknik Pembasmian Alami

Kami pernah membahas beberapa trik alami membasmi lalat di sini. Salah satu yang paling efektif adalah dengan menaruh daun kemangi di tempat-tempat yang sering dikerubungi lalat. Aroma kemangi yang khas dan kuat sangat dibenci oleh lalat karena bisa mengganggu indera penciumannya. Bunga lavender dan eucalyptus juga dipercaya dapat mencegah lalat masuk ke rumah.

6. Pasang Perangkap Lalat

Untuk mengusir tikus dari rumah, anda bisa menggunakan perangkap atau jebakan. Ternyata lalat ada perangkapnya juga lho. Yang pertama adalah flypapers, perangkap ini berbentuk secarik kertas yang dilapisi lem beraroma tertentu di permukaannya. Lalat yang merasa tertarik dengan bau lem akan hinggap di kertas tersebut, lantas tidak bisa terbang lagi karena tubuhnya menempel. Alternatif lain anda bisa menggunakan flyswatters, alat ini berbentuk mirip raket elektrik nyamuk, namun ukurannya lebih besar dengan daya listrik yang lebih tinggi.