Perawatan
Jul30

Bagaimana Cara Merawat Karpet agar Selalu Bersih?

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara merawat karpet agar selalu bersih? Karpet adalah aksesoris ruangan yang berguna untuk menutupi lantai dan menghangatkannya. Berkat warna serta corak menarik yang terlukis di karpet, tampilan lantai interior pun terlihat semakin indah.

cara-merawat-karpet.jpg

Karpet

Bahan pembuat karpet umumnya berupa kain. Karena itulah karpet mudah sekali kotor akibat debu-debu yang masuk ke dalam serat kain. Perawatan dan pembersihan secara berkala wajib dilakukan agar karpet senantiasa bersih dan terbebas dari bakteri penyebab penyakit. Merawat karpet dengan benar juga bertujuan untuk menjaga kualitas dan ketahanan karpet sehingga pesonanya tetap menarik.

Lantas, bagaimana sih cara yang tepat dalam merawat karpet? Di bawah ini kiat-kiatnya!

  1. Karpet harus disedot menggunakan vacum cleaner paling tidak setiap dua kali seminggu. Frekuensi pembersihan ini dapat ditingkatkan seiring dengan semakin seringnya orang-orang beraktifitas di atas karpet tersebut. Lakukan penyedotan debu di seluruh sudut karpet, baik pada bagian atas karpet maupun bawahnya. Pilih vacum cleaner dengan penyaring berjenis high efficiency particulate arresting (HEPA) supaya karpet benar-benar bersih.
  2. Rotasikan posisi karpet setiap sebulan sekali agar warnanya tidak memudar sebelah. Hal ini biasanya diakibatkan oleh sinar matahari, di mana terik matahari mampu merusak warna di permukaan suatu karpet. Jadi putar peletakan karpet sehingga seluruh bagian terkena sinar matahari secara merata.
  3. Pencucian karpet idealnya dikerjakan minimal setiap enam bulan sekali. Pakai deterjen yang ditujukan khusus karpet untuk mencucinya. Proses pencucian ini hendaknya dilakukan secara manual daripada mesin cuci. Gunakan air bertekanan tinggi untuk melunturkan debu-debu yang menempel di karpet.
  4. Lekas bersihkan karpet apabila terkena noda. Jangan pernah menunda-nunda untuk mengerjakannya nanti. Semakin lama noda mengenai karpet, semakin sulit noda tersebut dibersihkan karena sudah membandel.
  5. Apabila anda kerepotan dalam membersihkan karpet, percayakan saja kepada jasa pencucian karpet yang bonafit. Keahlian mereka dalam mencuci karpet tidak hanya bisa membersihkan, tetapi juga merawat dan membuat karpet beraroma wangi. Cukup menyisihkan budget sebesar Rp100.000 – Rp150.000 per enam bulan, maka kebersihan karpet di rumah anda pun terjamin.