Perawatan
May18

Bagaimana Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah?

Anda pasti sedang ingin mengusir kelelawar dari rumah, ya kan? Ada banyak orang yang tidak menginginkan kehadiran kelelawar di sekitar tempat tinggalnya. Mulai dari suara berisik, kotoran, bahkan takut digigit menjadi penyebab utamanya. Apabila saat ini ada kelelawar di rumah anda, silahkan gunakan teknik aman berikut ini untuk mengusirnya.

Perlengkapan Keamanan :

  • Kaos panjang
  • Celana panjang
  • Sarung tangan
  • Topi
  • Sepatu

cara-mengusir-kelelawar.jpg

Teknik dan Langkah-langkah :

Jaring

Mayoritas dari kita akan memakai jaring untuk menangkap kelelawar, lalu melepaskannya kembali di lingkungan terbuka. Namun ternyata, ini justru cara yang paling sulit karena kita harus berhadapan langsung dengan kelelawar yang mampu terbang dengan cepat. Jika tidak segera tertangkap, bukan tidak mungkin anda akan mengejarnya di seisi rumah.

Dalam mengusir kelelawar menggunakan jaring, anda perlu melakukannya secara perlahan-lahan agar kelelawar tidak merasa curiga dan lari. Cobalah mendekatkan jaring di atas kelelawar dan sesegera mungkin menangkapnya dengan cepat.

Handuk

Pada prinsipnya, mengusir kelelawar dengan handuk sama dengan cara pertama, yakni melalui penangkapan. Namun teknik ini terbilang lebih efektif karena ukuran handuk relatif lebih besar sehingga kemungkinan peluang tertangkapnya kelelawar pun lebih tinggi.

Pertama-tama, siapkan handuk bekas agar saat terkena kotoran anda tidak terlalu kesal. Selanjutnya, berjalan lah sedekat mungkin ke arah kelelawar. Hati-hati jangan sampai kelelawar terganggu dan akhirnya terbang. Terakhir, lemparkan handuk secara terbuka menutupi tubuh kelelawar. Jika beruntung, anda akan menemukan kelelawar yang terjebak di bawah handuk.

Ember

Sebenarnya anda tidak harus menggunakan ember, apapun wadah yang berukuran besar seperti panci, mangkuk, baskom, dan lain-lain bisa digunakan. Asalkan benda tersebut berbentuk padat dan memiliki rongga/cekung yang cukup besar.

Perlahan-lahan dekati kelelawar. Selanjutnya tangkap kelelawar tersebut dengan ember agar tidak melarikan diri. Untuk melepaskannya kembali, anda bisa menutup ember sementara waktu memakai kertas. Buka penutup kertas tersebut kembali di ruang terbuka agar kelelawar bisa terbang bebas di alam.

Sapu

Mengusir kelelawar memakai sapu menjadi efektif jika rumah anda memiliki jendela berukuran besar. Cara ini juga tidak akan melukai kelelawar karena kita hanya akan menggiringnya keluar dari rumah tanpa menangkapnya.

Mulailah dengan membuka pintu dan semua jendela di rumah anda. Kemudian, ambil sapu yang memiliki pegangan panjang agar lebih efektif. Selanjutnya, kibaskan sapu ke arah kelelawar dengan hati-hati agar dia terbang berlawanan arah dengan sapu. Kelelawar yang terganggu pun akan segera pergi mencari jalan keluar yang aman.

Tangan

Ini adalah cara terakhir yang bisa diterapkan saat anda terdesak oleh kelelawar. Saran kami, cobalah teknik sebelumnya terlebih dahulu karena faktanya kelelawar termasuk binatang yang sering menggigit jika merasa terancam. Seperti binatang lainnya, gigitan kelelawar mampu menularkan penyakit ke tubuh manusia. Jadi, pikir seribu kali sebelum anda mencobanya ya.

Selalu pastikan anda mengenakan sarung tangan jika ingin mencoba menangkapnya dengan tangan. Dengan segera, pegang kedua sayap kelelawar dan jauhkan tangan anda dari tubuhnya. Pegang dengan hati-hati jangan sampai menyakiti kelelawar. Terakhir, lepaskan kembali kelelawar tersebut ke alam terbuka.