Perawatan
Jun29

Bagaimana Cara Menghilangkan Semut dari Rumah Tinggal?

Apakah anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan semut dari rumah tinggal yang paling efektif? Walaupun ukuran tubuhnya terbilang kecil, semut dikenal sebagai salah satu serangga pengganggu kenyamanan hidup di rumah. Semut tidak hanya suka mencuri dan mengotori makanan, tetapi juga pola tingkahnya kerap merusak bangunan, seperti membuat sarang di bawah lantai, di atas plafon, atau di dalam lemari. Oleh karena itu, semut harus dihilangkan dari rumah agar keidealan rumah idaman anda terjaga sepenuhnya.

cara-menghilangkan-semut.jpg

Semut

Pada dasarnya, semut datang ke rumah anda untuk mencari makanan. Jika ternyata rumah anda memiliki persediaan bahan makanan yang melimpah ruah, maka semut pun tak segan-segan membuat sarangnya di dalam rumah dan beranak pinak. Jadi, kunci utama dari penghilangan semut dari rumah adalah memastikan semut tidak bisa mendapatkan makanan dan tidak dapat membuat sarang.

Bagaimana caranya?

1. Jaga Kebersihan Rumah Selalu

Interior rumah yang bersih berarti semuanya tertata rapi dan kondisinya terjaga dengan baik. Tidak ada kotoran dan sampah yang berceceran di lantai rumah. Sehingga tidak ada makanan-makanan bagi semut yang bisa didapatkan dengan mudah. Jangan lupa letakkan makanan-makanan secara teratur di dalam wadah yang tertutup rapat agar semut kesulitan untuk mencurinya.

2. Lindungi Tempat-tempat Makanan

Terkadang, semut masih bisa masuk ke tempat makanan meskipun sudah tertutup rapat. Solusinya anda harus menghalangi semut supaya tidak bisa merangkak sampai ke lubang wadah makanan. Tempelkan selotip double-tap secara melingkar pada toples atau kuaskan minyak goreng di seperempat permukaannya. Anda juga dapat mengolesi bagian dasar toples tersebut memakai vaselin sebagai penghalau semut.

3. Buat Semut Merasa Ketakutan

Selain melindungi wadah-wadah makanan, anda pun perlu menjamin semut tidak berani menaiki lemari penyimpanan makanan. Caranya, goreskan kapur ajaib pada kaki-kaki lemari ini. Jangan lupa tuliskan juga kapur ini pada kaki-kaki meja dan kursi. Kapur ajaib merupakan obat antisemut yang efektif, efisien, aman, murah, dan mudah.

4. Hilangkan Sarang-sarang Semut

Setelah anda selesai memastikan semut tidak bisa mendapatkan makanan di rumah, berikutnya adalah menghilangkan sarang-sarangnya. Seringkali semut membangun sarang di bawah lantai, di atas plafon, atau di dalam lemari. Untuk mencari sarang semut pun mudah sekali, anda cukup mengikuti gerakan kawanan semut yang tengah hilir mudik. Lubang di mana ia berhenti adalah sarangnya.

Segera bongkar sarang semut tersebut agar semut-semut di dalamnya kabur semua. Namun jika anda tidak mau repot, cukup taburkan bubuk kopi atau kapur barus tepat di sarang tersebut secara rutin. Niscaya, cepat atau lambat sekawanan semut ini pun pergi dari sarangnya.

5. Manfaatkan Cara Alami

Proses penghilangan semut dari rumah juga bisa menggunakan cara-cara alami yang aman dan ramah lingkungan. Di antaranya, letakkan beberapa lembar daun sirih di sekeliling tempat penyimpanan makanan. Coba juga masukkan kain berisi kopi ke dalam toples supaya semut-semut menjauhinya. Anda pun bisa menyemprotkan cairan lemon di sudut-sudut rumah karena semut sangat membenci bau lemon. Bahkan ada juga mitos kalau melilitkan karet gelang di toples gula atau kaleng susu bisa mencegah semut-semut mendatanginya.