Perawatan
May30

Bagaimana Cara Menghilangkan Rayap? Ini Triknya!

Mungkin anda sedang bertanya-tanya bagaimanakah cara menghilangkan rayap dari rumah? Rayap adalah serangga hama dari ordo Blattodea yang dapat mengganggu kenyamanan suatu rumah karena sering memakan perabotan kayu yang dihuninya. Sudah pasti, perabotan-perabotan yang sudah dimakan oleh rayap maka struktunya akan menjadi keropos dan mudah rusak.

cara-menghilangkan-rayap.jpg

Rayap

Apakah saat ini lingkungan rumah anda sedang diserang oleh rayap? Jika iya, cobalah trik-trik berikut untuk menghilangkannya!

1. Beri Serum Antirayap

Serum antirayap adalah obat untuk menghilangkan rayap berbentuk serbuk. Di pasaran, serum ini dijual dengan harga bervariasi menurut merk dan kemasannya. Anda bisa menaburkan serum antirayap ini pada lubang-lubang pondasi yang menjadi sarang rayap. Selain itu, taburkan juga serum ini ke seluruh permukaan lantai dan diamkan beberapa saat, karena rayap juga kerap mendirikan sarangnya di bawah lantai yang berongga.

2. Olesi dengan Cairan Antirayap

Selain berbentuk serbuk, obat antirayap juga ada yang berupa cairan. Produk ini pun memiliki harga yang bermacam-macam sesuai kemasannya. Obat antirayap cair dinilai lebih efektif daripada serum antirayap sebab mudah meresap ke dalam pori-pori kayu. Cara mengaplikasikan obat ini adalah dengan menguaskannya ke seluruh permukaan kayu secara merata. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda juga bisa merendam kayu-kayu tersebut selama 3-5 hari di cairan antirayap.

3. Rendam di Air Selama 4-6 Bulan

Untuk material kayu yang akan digunakan sebagai penopang rumah, disarankan merendam kayu-kayu tersebut di sungai selama 4-6 bulan terlebih dulu. Tujuannya agar struktur kayu tersebut menjadi jauh lebih kokoh dan lebih kuat. Perendaman juga sekaligus berguna untuk melunturkan zat-zat di dalam kayu yang bisa menarik perhatian rayap. Sehingga, hal ini memungkinkan rayap tidak tertarik lagi menggerogoti kayu-kayu rumah anda.

4. Pilih Kayu yang Berusia Tua, Kering, dan Kokoh

Jangan ragu-ragu untuk memilih jenis kayu yang terkenal mempunyai kualitas yang tinggi seperti jati, kamper, dan ulin. Walaupun harganya lebih mahal, kayu-kayu tersebut memiliki daya tahan yang sangat lama sampai berpuluh-puluh tahun dan dapat diwariskan ke anak cucu. Jatuhnya harga kayu tersebut menjadi lebih murah. Di samping itu, pilih juga furnitur yang terbuat dari bahan kayu berumur tua yang ditandai dari warnanya yang cokelat pekat dengan guratan-guratan yang tebal dan banyak. Kayu yang sudah dikeringkan secara sempurna juga terbukti tidak diminati lagi oleh rayap-rayap.

5. Lakukan Injeksi Kimia

Apabila rumah anda sudah diserang rayap dalam tingkatan yang parah, tidak ada cara yang ampuh untuk menghilangkannya selain melakukan injeksi kimia pada dinding bangunan. Pertama, buatlah beberapa lubang injeksi di sekeliling dinding dengan jarak masing-masing berkisar 40 sampai 50 cm. Kedua, semprotkan bahan kimia pembasmi rayap dengan dosis 2-3 liter per lubang. Ketiga, biarkan cairan kimia tersebut bekerja menghilangkan rayap di rumah anda. Lakukan metode ini secara berkala setiap tiga tahun sekali agar rumah anda terbebas dari rayap.