Perawatan
May11

Bagaimana Cara Menghemat Listrik PLN di Rumah?

Bagaimana cara menghemat listrik PLN di rumah? Penggunaan listrik kini menjadi kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Tidak hanya televisi, kulkas, AC, lampu, dan komputer saja, bahkan perangkat-perangkat hiburan yang berbasis elektronik pun memerlukan listrik untuk dapat beroperasi. Semakin banyak anda menghabiskan daya listrik per bulan, maka akan semakin besar pula beban tagihan yang harus dibayarkan.

cara-menghemat-listrik.jpg

Perangkat Elektronik

Mungkin anda sudah mencoba berbagai cara ampuh untuk menghemat listrik, tetapi tagihannya masih saja tinggi. Ada kalanya metode tersebut bahkan juga membuat pemakaian listrik di rumah menjadi terbatas. Daripada melakukan hal yang sia-sia, cobalah kiat dari kami berikut ini :

  1. Rawatlah perangkat-perangkat elektronik di rumah secara rutin. Begitu pula bila ada komponen yang bermasalah, segera perbaiki kerusakan tersebut. Perlu diketahui, peralatan elektronik yang rusak akan menyedot energi listrik yang lebih besar. Hal ini dikarenakan ada kebocoran listrik yang terjadi, di mana energi tersebut terbuat percuma.
  2. Maksimalkan penggunaan perangkat elektronik dalam suatu waktu. Beberapa perangkat elektronik seperti mesin cuci pakaian, mesin cuci piring, dan oven dirancang mempunyai daya tampung yang lapang. Trik yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik perangkat tersebut adalah memaksimalkan kapasitasnya. Misalnya cucilah pakaian/piring kotor dalam jumlah yang banyak sekaligus dan hindari membersihkan sedikit-sedikit namun berkelanjutan. Dengan cara ini, energi listrik yang dibutuhkan oleh perangkat pun terpakai semuanya.
  3. Untuk menghemat daya listrik kulkas, anda perlu memastikan lemari es tersebut selalu dalam kondisi bersih. Sebab, adanya kotoran-kotoran yang menyumbat akan memaksa mesin bekerja lebih keras dan membuat pemakaian listrik bertambah besar. Selain itu, hindari memasukkan makanan/minuman panas, menaruh wadah yang berukuran terlalu tebal, dan membuka pintu kulkas dalam waktu lama. Keluarkan bahan makanan yang hampir habis atau sudah tidak layak dikonsumsi lagi.
  4. Perhatikanlah perangkat-perangkat elektronik yang ada di rumah anda. Segera matikan peralatan yang sudah tidak digunakan, tapi ditinggal begitu saja. Kasus yang sering terjadi adalah televisi, komputer, kipas angin, lampu, dan AC.
  5. Apakah anda masih menggunakan lampu pijar untuk alasan estetika? Lampu pijar memang mampu mengeluarkan cahaya kekuning-kuningan yang elegan dan mewah. Namun energi listrik yang diperlukan oleh lampu ini adalah sepuluh kali lebih banya dibandingkan lampu LED. Daripada anda melakukan pemborosan, lebih baik ganti lampu pijar dengan lampu LED yang bersinar kekuning-kuningan. Nyalakan lampu seperlunya saja dan matikan ketika sudah tidak dipakai.
  6. Pemakaian pompa air disarankan menggabungkannya dengan tangki air. Tujuannya agar pompa tersebut tidak menyala secara terus-menerus yang berakibat pada melonjaknya pemakaian listrik. Adanya tangki juga memudahkan anda dalam mencukupi kebutuhan air sepanjang hari.
  7. Saat berniat membeli suatu perangkat elektronik baru, pilih perangkat yang dirancang hemat listrik. Perangkat semacam ini umumnya sudah menerapkan sistem elektronik yang berbasis pada penggunaan listrik secara optimal. Ini berarti tidak ada energi yang terbuang dan kebutuhan daya pun akan menurun.