Perawatan
Aug15

Bagaimana Cara Mencuci Gorden yang Benar?

Belum tahu bagaimana cara mencuci gorden yang benar? Gorden atau tirai adalah kain yang digunakan untuk menutupi jendela dan pintu. Berkat corak dan warnanya yang menarik, pemasangan gorden juga bisa meningkatkan keindahan interior rumah.

Jenis-jenis kain yang dapat dipakai untuk gorden antara lain katun, polyester, satin, beludru, organza, chenille, vitrase, dan sebagainya. Tentu masing-masing kain tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Misalnya kain beludru yang lebih tebal daripada kain katun sehingga mampu menghangatkan ruangan, tetapi beludru gampang tertempel debu.

cara-mencuci-gorden.jpg

Gorden

Di bawah ini adalah panduan mencuci gorden yang benar dari Arafuru.com :

Alat dan Bahan :

  • Garam
  • Citrun
  • Deterjen
  • Cairan Pelembut Pakaian
  • Sikat
  • Air Panas
  • Ember

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan semua gorden di rumah dari jendela dan pintu. Jangan lupa copot juga seluruh pengait-pengaitnya.
  2. Tuangkan air panas ke dalam ember yang besar, lalu masukkan garam dan citrun secukupnya. Rendamlah gorden di ember selama 30-45 menit. Garam berfungsi untuk membunuh kuman, sedangkan citrun berguna untuk menghilangkan kotoran yang membandel.
  3. Angkat gorden dari air rendaman. Setelah itu, kucek sampai bersih dengan bantuan deterjen. Gunakan sikat berbulu halus untuk menghapus noda-noda membandel yang melekat di permukaan gorden.
  4. Setelah gorden selesai dicuci hingga bersih, kini saatnya membilas gorden tersebut. Bilas gorden dengan air yang mengalir sambil sesekali dikucek untuk membuang busa-busanya.
  5. Agar gorden menjadi lembut dan wangi, rendam sekali lagi gorden tersebut di dalam cairan pelembut pakaian. Tunggu sekitar sejam agar cairan tersebut benar-benar meresat ke dalam serat kain.
  6. Proses penjemuran gorden sebaiknya tidak dilakukan di tempat terbuka karena dikhawatirkan terpaan terik matahari langsung bisa merusak kain. Sebaiknya gorden cukup diangin-anginkan saja sampai kering.
  7. Gorden yang telah bersih bisa dipasang kembali seperti letak sebelumnya. Pelajari tips di sini agar pesona gorden bisa keluar lebih maksimal.

Sebagai penutup jendela dan pintu, gorden rentan tertumpuki debu. Jadi sebaiknya anda mencuci gorden minimal setiap 3 bulan sekali. Bagaimanapun gorden memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap keindahan rumah anda. Selamat mencoba.