Astaga, Ini Penyebab Rumah Tiba-tiba Banyak Nyamuk!

Selalu ada saja faktor-faktor yang menyebabkan kenyamanan Anda tinggal di rumah menjadi terganggu. Salah satunya adalah nyamuk. Nyamuk merupakan serangga bersayap yang suka menghisap darah manusia. Gigitannya terasa cukup menyakitkan, menimbulkan bekas, dan membuat kita merasa gatal-gatal. Beberapa nyamuk bahkan dapat menularkan penyakit berbahaya kepada manusia seperti malaria dan demam berdarah.

Nyamuk biasanya menyerang secara masif dan terus-menerus. Tidak sebatas satu, dua, atau tiga ekor nyamuk, umumnya nyamuk-nyamuk ini menyerang bersama-sama dalam kelompok yang cukup besar. Kita sebagai manusia yang menjadi korban serangan nyamuk pun tak tinggal diam menerimanya. Berbagai upaya dilakukan guna mengatasi nyamuk-nyamuk yang nakal tersebut. Mulai dari penggunaan bahan-bahan alami hingga obat nyamuk kimiawi.

rumah-banyak-nyamuk.jpg

Beruntung karena usaha yang kita lakukan untuk memberantas nyamuk di rumah tidak sia-sia. Lambat laun rumah tinggal kita yang dulunya banyak terdapat nyamuk lama-kelamaan makin berkurang. Populasi nyamuk tidak sebanyak dahulu kala. Anda sekeluarga pun bisa merasa nyaman kembali tinggal di dalam rumah. Namun apa jadinya kalau tiba-tiba nyamuk tersebut bertambah lebih banyak lagi? Kira-kira apa penyebabnya ya?

Setidaknya terdapat 6 faktor yang menyebabkan rumah Anda ada banyak nyamuknya, antara lain :

Penyebab 1. Tumpukan Barang yang Terlalu Banyak

Anda harus tahu kalau nyamuk itu paling suka tinggal di tempat-tempat yang kondisinya gelap dan lembab. Misalnya di antara gantungan baju atau di sela-sela tumpukan barang. Posisinya yang tertutup juga membuat tempat ini luput dari jangkauan obat pembasmi nyamuk yang Anda semprotkan. Pada akhirnya, nyamuk-nyamuk pun akan tinggal dengan aman dan nyaman di sini serta berkembang biak semakin banyak.

Kami mempunyai solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Intinya adalah Anda harus mau mengubah gaya hidup diri sendiri. Usahakan tidak terlalu banyak menumpuk barang di rumah. Jika ada barang bekas yang masih layak pakai sebaiknya dijual saja di pasar loak. Buatlah posisi gudang terpisah dari bangunan utama. Biasakan menutup lemari dengan rapat agar nyamuk tidak memasukinya. Lakukan pembersihan total lemari secara berkala setiap 1-3 bulan.

Penyebab 2. Adanya Genangan Air di Sekitar Rumah

Nyamuk tumbuh melalui proses metamorfosis. Pada fase telur dan larva, nyamuk ini sangat membutuhkan air. Telur dan jentik-jentik nyamuk hanya bisa bertahan hidup di dalam air. Oleh sebab itu, nyamuk dewasa akan mencari genangan air sebagai tempatnya bertelur. Anda bisa mencegah nyamuk-nyamuk tersebut berkembang biak dengan memastikan tak ada genangan air di sekitar rumah. Bersihkan halaman dari sampah anorganik yang bisa menahan air. Ratakan pula permukaan tanah di pekarangan untuk mencegah banjir.

Penyebab 3. Siangi Rumput-rumput di Taman

Tanpa Anda sadari nyamuk ternyata suka sekali membangun sarangnya di sela-sela rumput dan tanaman. Mereka senang bersembunyi di tempat ini karena aman, gelap, dan lembab. Ini merupakan naluri alami nyamuk untuk bertahan hidup di alam bebas. Jadi pastikan Anda selalu merawat pertumbuhan tanaman yang ada di tanam. Lakukan pemangkasan secara rutin agar daunnya tidak terlalu timbul. Pelihara juga tanaman-tanaman yang bisa mengusir nyamuk secara alami seperti serai, akar wangi, selasih, akar wangi, dan lavender.

Penyebab 4. Rumah yang Lembab dan Gelap

Tempat yang lembab dan gelap merupakan pilihan utama nyamuk untuk tinggal dan membuat sarangnya. Bisa jadi penyebab rumah Anda tiba-tiba banyak nyamuk karena kondisinya yang menjadi gelap dan lembab. Solusinya yaitu Anda harus memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah agar semakin lancar. Anda bisa menambah jumlah jendela atau ventilasi udara apabila diperlukan. Pasang juga kipas angin langit-langit di setiap ruangan untuk memperbaiki aliran udara di dalamnya.

Penyebab 5. Banyak Terdapat Jalur Keluar Masuk Nyamuk

Rumah Anda memang sudah bersih, tetapi Anda tidak tahu pasti bagaimana kondisi rumah tetangga sebelah. Bisa jadi banyaknya nyamuk di rumah Anda disebabkan oleh nyamuk yang datang dari rumah tetangga. Nyamuk tersebut masuk pada malam hari melalui lubang-lubang ventilasi udara. Untuk mencegah nyamuk dari luar memasuki rumah, Anda bisa memasang kawat kasa sebagai penutup. Pasanglah dengan benar supaya tidak merusak keindahan desain rumah Anda.