Perawatan
Aug23

Ampuh Hilangkan Bekas Stiker di Lemari Kayu!

Bagaimana cara menghilangkan bekas stiker di lemari kayu? Anda mungkin pernah menempelkan beberapa lembar stiker di permukaan lemari kayu. Maksudnya sebenarnya bagus yakni mengubah tampilan furniture yang monoton menjadi terlihat lebih dinamis. Sayangnya stiker tersebut lama-kelamaan tampak kusam dan tidak menarik lagi. Atau bisa juga Anda merasa bosan karena melihatnya setiap hari.

Untuk itulah, Anda pun berniat menghilangkannya. Kalau bisa hindari melepaskan stiker tersebut dengan cara menggaruk memakai kuku tangan sebab dapat menimbulkan goresan. Apalagi jika Anda menggunakan benda-benda berujung tajam, akibatnya bisa lebih parah yaitu timbul luka di permukaan lemari kayu yang sulit diperbaiki. Lantas, bagaimana sih caranya yang paling tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini?

cara-menghilangkan-bekas-stiker.jpg

Anda bisa memanfaatkan cairan apapun yang berbasis minyak untuk mengurangi daya rekat stiker terhadap permukaan kayu. Misalnya Anda bisa menggunakan minyak sayur atau baby oil. Caranya ternyata mudah sekali kok. Anda tinggal mengoleskan minyak sayur/baby oil persis di atas permukaan stiker secara merata. Kemudian biarkan seperti ini selama satu malam. Keesokan harinya Anda pasti dapat melepaskan stiker dengan sangat mudah.

Solusi yang lainnya yaitu memakai hair dryer untuk melepaskan stiker. Nyalakan alat pengering rambut ini dengan panas yang cukup. Lalu arahkan tepat ke stiker yang menempel di lemari Anda. Terus arahkan sampai terlihat salah satu sisi stiker mengelupas. Kalau sudah begini, Anda bisa menarik stiker tersebut sambil terus dipanaskan dengan pengering rambut. Kalau bisa setel hair dryer tadi supaya suhunya jangan terlalu panas.

Metode di atas merupakan solusi untuk melepaskan stiker. Kadang-kadang ada bekas tempelan stiker yang sulit dihilangkan dari permukaan lemari kayu. Tapi tenang karena kami juga mempunyai kiat-kiat yang sangat ampuh untuk mengatasinya!

Alat dan Bahan :

  • Kertas tisu
  • Kain microfiber
  • Cuka
  • Air
  • Sitrun

Langkah-langkah :

  1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan lemari kayu dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan kain microfiber agar tidak merusak serat kayu.
  2. Tuangkan satu sendok makan cuka ke dalam sebuah mangkuk kecil. Cukup tuangkan seperlunya saja, jangan mubazir!
  3. Lalu oleskan cuka tersebut ke bekas stiker yang ingin dihilangkan menggunakan kertas tisu. Lakukan gerakan memutar sambil ditekan biar lebih efektif.
  4. Biarkan cuka terserap ke dalam pori-pori lemari kayu. Anda bisa mendiamkannya selama semalaman. Setelah itu, cek hasilnya pada keesokan harinya.
  5. Apabila bekas stiker masih kelihatan, Anda bisa mengandalkan sitrun untuk mengatasinya. Larutkan sesendok sitrun dengan air sedikit saja.
  6. Pakailah kain microfiber untuk mengoleskan larutan sitrun persis di bagian lemari kayu yang ada bekas stikernya. Aplikasikan dengan gerakan searah dan berulang.
  7. Kalau sudah rampung, diamkan kembali lemari tersebut minimal selama 12 jam. Pada keesokan harinya dijamin bekas stiker tersebut pasti sudah lenyap.