Perawatan
May5

Aih, Ternyata Cara Melengkungkan Triplek Begini!

Bagaimana cara melengkungkan triplek? Triplek adalah papan pabrikasi yang terbuat dari beberapa lapisan kayu yang ditempelkan secara bersama-sama. Beberapa orang juga sering menyebutnya sebagai multiplek, kayu lapis, atau pun plywood. Triplek termasuk produk olahan kayu yang banyak dipakai karena memiliki tekstur yang fleksibel, harganya relatif murah, dan pengerjaannya pun gampang.

Salah satu bentuk pemanfaatan triplek ialah sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Terdapat banyak sekali produk kerajinan tangan bernilai ekonomis tinggi yang terbuat dari triplek. Sebut saja miniatur, alat musik, peralatan rumah tangga, hiasan dinding, dan sebagainya.

cara-melengkungkan-triplek.jpg

Sayangnya, ada satu kendala dalam mengolah triplek menjadi karya seni bernilai bagus. Adalah melengkungkan triplek, di mana pada dasarnya wujud triplek ini memiliki permukaan yang lurus. Tujuan dari hal tersebut biasanya agar suatu kerajinan tangan terlihat lebih fleksibel dan tidak kaku. Di satu sisi ingin membengkokkan triplek secara manual, namun di sisi lain takut triplek tersebut akan patah karena strukturnya memang ringkih. Lantas, bagaimana sih caranya?

Tenang, kami mempunyai solusi untuk melengkungkan triplek dengan mudah!

Metode 1 : Perendaman

Tahukah Anda, struktur triplek akan berubah dari kaku menjadi lunak setelah melalui perendaman selama beberapa saat. Pertama, potong triplek yang akan dilengkungkan dengan ukuran sesuai kebutuhan. Kedua, masukkan potongan triplek tadi ke dalam ember yang telah berisi air secukupnya. Proses perendaman triplek ini sebaiknya dilakukan sekitar 30-45 menit tergantung ukuran triplek. Ketiga, setelah dirasakan permukaan triplek sudah cukup lunak, Anda bisa menjepitnya memakai penjepit baju dengan sudut lengkungan sesuai keinginan. Setelah trplek mengering, silahkan lepas bagian jepitannya dan kini triplek pun sudah melengkung.

Metode 2 : Penyemprotan

Dalam metode kali ini kita akan menggunakan bantuan alat yang bernama hot air gun. Alat ini berbentuk seperti pistol yang berfungsi untuk menyemprotkan udara panas. Nah, dengan memanfaatkan udara panas yang dikeluarkan oleh hot air gun tersebut, Anda pun dapat melengkungkan triplek. Namun sebelumnya buat tanda garis pada triplek terlebih dahulu tepat pada bagian tengah dari permukaan triplek yang bakal dibengkokkan. Setelah itu, tinggal tembakkan saja udara panas memakai hot air gun persis mengarah ke tanda yang sudah dibuat sebelumnya. Lakukan proses penyemprotan udara panas ini selama beberapa kali hingga permukaan triplek melengkung sesuai harapan.

Metode 3 : Pemanasan

Apakah Anda pernah membayangkan memasak papan triplek? Bagaimana rasanya ya? Ternyata lembaran triplek juga bisa dibengkokkan dengan jalan memasak lho, atau lebih tepatnya lagi yaitu menyangrai. Caranya panaskan wajan di atas nyala api, kemudian masukkan potongan-potongan triplek ke dalamnya. Jangan lupa triplek perlu dibolak-balik beberapa kali supaya tidak gosong.

Metode 4 : Penguapan

Metode pelengkungan triplek melalui penguapan dilakukan dengan memanfaatkan uap air. Yaitu triplek yang akan dilengkungkan dimasukkan ke dalam kotak terlebih dahulu. Berikutnya masukkan pula uap air ke dalam kotak tersebut. Sayangnya metode ini memakan waktu yang cukup lama hingga mencapai 2-4 jam. Kendati demikian hasil pekerjaannya pun akan sebanding dengan lama proses pembuatannya.