Perawatan
Oct24

Agar Tak Pudar, Ini Cara Merawat Batu Alam yang Benar

Belum tahu tata cara merawat batu alam yang benar? Saat ini, pesona batu alam semakin digandrungi masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya rumah yang menggunakan batu ini untuk mempercantik tampilan eksteriornya. Paling sering, batu alam terlihat menghiasi dinding, pagar, taman minimalis, dan kolam. Kesannya yang sangat alami mampu menciptakan suasana sejuk khas pedesaan di lingkungan tempat tinggal.

tips-merawat-batu-alam.jpg

Agar pesona batu alam ini tidak memudar, anda perlu merawatnya dengan benar. Berikut ini langkah-langkahnya :

Langkah 1 : Semprot dengan Air Setiap Hari

Material batu alam biasanya dipakai untuk bahan konstruksi eksterior rumah. Oleh karena itu, permukaan batu ini mudah berdebu. Untuk menghilangkannya, anda cukup menyemprotkan air bertekanan tinggi langsung dari selang air ke arah dinding batu tadi. Semprotkan secara merata dari bagian atas, kemudian berlanjut pada bagian bawahnya. Lakukan penyemprotan dengan air ini setiap hari, sembari anda menyiram tanaman, agar permukaan batu alam tetap terlihat menarik.

Langkah 2 : Sikat dengan Deterjen Sampai Bersih

Kadang kala, di permukaan batu terdapat kotoran membandel yang sulit dihilangkan hanya dengan semprotan air saja. Nah, untuk mengatasi hal ini anda bisa memakai bantuan sikat dan deterjen pakaian. Lakukan pembersihan sebagaimana anda mencuci pakaian, yakni dengan menyikat keseluruhan permukaan batu hingga bersih. Pastikan seluruh bagian dinding tidak luput dari perhatian anda. Untuk kotoran yang terletak di celah-celah sempit, gosoklah dengan sikat gigi bekas agar mudah menjangkaunya. Jangan lupa, bilas permukaan dinding batu alam yang sudah kinclong ini sampai bersih.

Langkah 3 : Berikan Coating Bila Diperlukan

Coating berfungsi untuk melapisi permukaan batu alam sehingga keindahannya tetap terjaga. Akan tetapi, sama seperti cat plafon, seiring berjalannya waktu lapisan coating ini akan luntur juga. Sehingga, anda perlu meakukan peng-coating-an ulang untuk menjaga pesona dinding batu alam di rumah anda.

Perlu diperhatikan, setiap jenis batu alam memerlukan coating yang berbeda-beda. Untuk batu alam berjenis batu paras jogja, anda bisa menggunakan coating khusus batu paras agar tampak alami. Begitupun untuk batu alam berjenis granit, gunakan coating yang tampak mengkilap (glossy). Pelapisan dilakukan sebanyak tiga kali dengan jeda sekitar 30 menit.

Selamat mempraktekannya! 🙂