Perawatan
Dec18

Agar Rumah Bebas dari Tikus, Ini Rahasianya!

gambar-tikus.jpg

Apakah anda sudah melakukan berbagai cara agar rumah bebas dari tikus? Bagaimana hasilnya, apakah tikus tersebut berhasil dibasmi? Jika belum, jangan pernah menyerah. Cobalah saran dari arafuru.com berikut ini :

Rahasia 1 : Jangan Beri Tikus Makanan!

Tujuan utama tikus datang ke rumah anda adalah untuk mendapatkan makanan. Sumber makanan ini bisa dari mana saja, seperti masakan yang tidak ditutup, lemari makanan yang tidak terkunci, hingga bahan makanan yang jatuh di lantai. Jika anda terus membiarkan hal ini terjadi, sudah barang tentu tikus akan merasa betah dan membuang sarang di rumah anda.

Untuk mengatasi hal ini, ubahlah gaya hidup anda sekeluarga. Selalu jaga kebersihan rumah dan pastikan tidak ada bahan makanan yang berceceran. Periksa kembali kondisi lemari anda, segera perbaiki pengunci lemari yang rusak ataupun bagian yang berlubang. Jika anda memelihara kucing atau anjing, pastikanlah makanannya aman dari jangkauan tikus. Yang tak kalah penting, letakkanlah tempat sampah jauh di luar rumah.

Rahasia 2 : Tutup Semua Akses Masuk Rumah!

Tikus merupakan salah satu hewan yang cerdik. Ia bisa memasuki rumah anda lewat jalur yang tak pernah anda duga sebelumnya. Rahasianya adalah pada ukuran kepala. Jika tikus tersebut berhasil memasukkan kepalanya ke suatu lubang, maka ia akan memaksa memasukkan badannya dengan cara apapun.

Untuk mencegah hal ini terjadi, tutuplah semua lubang-lubang yang ada di rumah. Cobalah mengelilingi rumah untuk menemukan lubang dan celah yang bisa menjadi jalur masuk tikus. Ingat, selain pada dinding, perhatikan juga celah yang ada di lis atap dan ventilasi udara. Semua lubang yang berukuran lebih dari 2 cm, harus ditutupi dengan lapisan baja dan kawat kasa.

Rahasia 3 : Pasang Perangkap Tikus

Jika dua perlindungan di atas masih memungkinkan tikus bisa memasuki rumah, anda harus memasang perangkap untuk menjeratnya. Setidaknya, ada dua macam jebakan tikus yang umum digunakan di Indonesia. Perangkap pertama berbentuk kurungan berbahan kawat, sementara yang kedua adalah jebakan jepret.

Letakkan jebakan-jebakan ini di ruangan yang menjadi sasaran utama tikus yaitu dapur. Gunakan umpan berupa selai kacang karena tikus sangat menyukainya. Kelebihan dari perangkap dengan model ini, anda bisa menggunakannya berulang-ulang kali sehingga lebih hemat.

Rahasia 4 : Berikan Racun Tikus

Meskipun kami tidak terlalu menyarankan cara keempat ini, namun pemakaian racun memang terbukti efektif dapat mengusir tikus dan mengurangi populasinya secara drastis. Perlu diperhatikan, jangan pernah menerapkan langkah ini jika anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Beri pengertian juga kepada buah hati anda untuk menjauhi racun tikus ini dan menerangkan bahayanya.

Umpan yang telah dilumuri dengan racun, selanjutnya anda taruh di posisi yang strategis seperti di bawah lemari makan atau kulkas. Apabila si tikus melahap umpan ini, sudah pasti tikus tersebut akan mati. Hanya saja reaksinya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam, sehingga besar kemungkinan anda akan mengalami kesulitan dalam menemukan bangkainya.

Rahasia 5 : Temukan Sarang Tikus dan Hancurkan

Jika semua cara di atas sudah anda lakukan, namun masih saja anda menemukan tikus yang mencuri makanan di dapur. Bisa dipastikan, di dalam rumah anda sudah terdapat sarang tikus. Hal ini bisa dideteksi dari banyaknya kotoran tikus di salah satu sudut ruangan.

Sebagai perlindungan diri, kenakanlah sarung tangan dan masker saat mencari sarang tikus ini. Biasanya tikus-tikus senang tinggal di loteng, gudang, dan kolong lemari. Jika anda menemukan sarangnya, segera bongkar sarang tikus ini. Buang semua kotoran-kotoran yang menjadi bahan sarang. Terakhir, bersihkan bekas sarang ini dengan menggunakan cairan pemutih dan air panas.