Agar Genteng Tidak Berlumut, Begini Caranya!

Penyebab utama genteng berlumut adalah kelembaban udara yang terlampau tinggi. Hal ini menciptakan kondisi lingkungan yang ideal bagi lumut untuk bisa tumbuh dan berkembang biak. Awalnya memang hanya ada sedikit lumut yang tumbuh di beberapa sudut atap rumah. Namun lama-kelamaan populasi lumut tersebut akan bertambah semakin banyak. Angin dan air hujan menjadi agen yang membantu proses penyebaran lumut.

Adanya lumut di genteng tentunya akan menciptakan pemandangan yang tidak sedap dilihat. Lumut tersebut akan mengotori permukaan genteng dan mengubah warnanya berubah menjadi kehijau-hijauan. Lumut juga mengakibatkan timbulnya lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat. Kuman dan bakteri akan bersarang di dalam hutan lumut tadi. Selain itu, kelembaban rumah pun akan semakin tinggi manakala banyak lumut yang tumbuh di gentengnya.

agar-genteng-tidak-berlumut.jpg

Tidak sebatas itu, lumut dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi pada bangunan. Lumut akan membuat genteng dan struktur bangunan di sekitarnya menjadi lapuk. Mula-mula genteng tersebut menjadi rembes ketika hujan turun. Selanjutnya kebocoran pun tidak bisa dihindari manakala terjadi hujan yang deras atau angin kencang. Bagaimana pun mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum genteng ditumbuhi lumut, Anda harus mencegahnya terlebih dahulu.

Berikut ini solusi-solusi untuk mencegah tumbuhnya lumut di permukaan genteng!

Solusi I. Lapisi dengan Clear Coating

Coating ialah bahan khusus yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu material. Fungsi penerapan coating untuk melindungi material tersebut sekaligus mengindahkannya. Anda bisa menggunakan clear coating untuk melindungi genteng agar tak ditumbuhi lumut. Bahan dasar untuk membuat clear coating ini berupa acrylic solvent base berkualitas tinggi yang diformulasi khusus untuk melapisi genteng supaya bebas dari lumut, awet, tahan terhadap cuaca, serta warnanya tampak mengkilap alami.

Solusi II. Pasang Kawat Tembaga

Kawat tembaga yang kami maksud adalah galvanized copper strips atau ridge caps. Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan terdekat. Pasanglah kawat tembaga ini secara horizontal di bawah genteng.  Pastikan ada 4-5 inci bagian dari kawat tembaga tersebut menyembul keluar. Nantinya molekul tembaga akan larut bersama air hujan. Mengingat tembaga dapat meracuni lumut, ketika molekul tembaga terlarut maka tercipta suatu kondisi yang beracun bagi lumut. Lumut pun akan mati dan tidak bisa tumbuh lagi.

Solusi III. Aplikasikan Bahan Waterproof

Bahan waterproof pada dasarnya ditujukan untuk membuat atap memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air. Genteng menjadi bersifat antiair apabila diaplikasikan bahan waterproof di permukaannya. Dengan tidak adanya air yang bisa meresap masuk ke dalam pori-pori genteng, maka lumut pun tidak akan mungkin bisa tumbuh di permukaannya. Sebaiknya Anda memilih bahan waterproof yang telah ditambahi zat aditif yang mempunyai kemampuan antilumut dan antijamur sehingga perlindungannya lebih maksimal.

Solusi IV. Semprotkan Hidrogen Peroksida

Bahan yang khusus digunakan untuk membersihkan atap biasanya terbuat dari hidrogen peroksida. Bahan ini mampu mencegah tumbuhnya lumut di permukaan atap rumah sekaligus membasmi lumut-lumut yang sudah terlanjur ada. Sebelumnya Anda perlu mencampurkan bahan hidrogen peroksida ini dengan air hangat secukupnya, lalu biarkan selama 15-30 menit. Kemudian masukkan campuran tersebut ke pompa sprayer. Setelah itu, semprotkan cairan ini ke genteng dari arah atas ke bawah.