9 Cara Mengatasi Nyamuk DBD di Rumah

Hati-hati terhadap nyamuk di rumah. Sebab tidak sedikit di antaranya yang bisa menularkan penyakit kepada manusia. Salah satunya yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk Aedes Aegypti adalah inang dari penyakit demam berdarah (DBD). Oleh sebab itu, nyamuk ini juga dikenal dengan sebutan nyamuk demam berdarah atau nyamuk DBD. Hati-hati terhadap keberadaan nyamuk DBD di rumah karena dapat menyebabkan Anda sekeluarga terserang penyakit.

Sebenarnya keberadaan nyamuk DBD ini mudah dikenali karena mempunyai ciri-ciri khusus yang berbeda dari nyamuk biasa. Perbedaan yang paling mencolok yakni waktu aktifnya. Normalnya nyamuk akan aktif untuk mencari makanan pada malam hari. Berbeda dengan nyamuk DBD yang justru aktif pada pagi, siang, dan sore hari. Selain itu, nyamuk ini juga memiliki warna belang-belang antara hitam dan putih di sekujur tubuhnya.

cara-mengatasi-nyamuk-dbd.jpg

Berikan perhatian yang serius terhadap nyamuk DBD yang ada di dalam rumah Anda. Lakukan tindakan yang tepat sesegera mungkin untuk mengatasi, membasmi, membunuh, mengusir, atau membinasakan nyamuk-nyamuk tersebut. Jangan menunggu sampai jatuhnya korban dari salah satu anggota keluarga Anda. Karena penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Jangan biarkan keluarga Anda menjadi korban nyamuk ini.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi nyamuk DBD di rumah, antara lain :

  1. Aplikasi Pengasapan (Fogging)

Sampai saat ini fogging menjadi solusi yang paling ampuh untuk membasmi nyamuk-nyamuk yang ada di rumah, termasuk nyamuk DBD. Fogging menggunakan racun pembasmi nyamuk yang diaplikasikan melalui teknik pengasapan. Nyamuk-nyamuk yang menghirup asap dari racun ini akan lemas kemudian mati. Saat proses fogging berlangsung sebaiknya seluruh ventilasi rumah ditutup. Biarkan rumah dalam kondisi kosong selama beberapa jam agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Pemakaian Obat Nyamuk

Proses fogging umumnya dilakukan per kompleks karena biaya yang dibutuhkan pun cukup besar. Untuk sehari-hari, Anda bisa memakai obat nyamuk biasa yang banyak dijual di warung-warung terdekat. Anda bisa menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot untuk membunuh semua nyamuk yang ada di rumah. Kalau memakai obat nyamuk semprot, usahakan rumah dikosongkan beberapa saat. Sedangkan untuk penggunaan obat nyamuk bakar usahakan posisinya jauh dari Anda.

  1. Gunakan Raket Nyamuk Elektrik

Jika Anda ingin mengatasi nyamuk DBD secara aman tanpa efek samping, gunakan raket nyamuk elektrik yang berfungsi untuk membunuh nyamuk. Raket ini sudah dirancang secara khusus agar mengalirkan energi listrik di bagian jala-jalanya. Ketika nyamuk terkena jala raket ini, maka nyamuk pun akan terkena setrum hingga terbakar. Anda bisa menggunakannya sekaligus sebagai sarana olahraga. Sediakan beberapa raket nyamuk sekaligus di rumah. Namun pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman supaya tidak digunakan bermain oleh anak-anak.

  1. Pasang Perangkap Nyamuk Elektrik

Kini juga sudah ditemukan perangkap nyamuk yang bekerja dengan energi listrik. Sesuai namanya, perangkap ini berfungsi untuk menjebak nyamuk-nyamuk agar berdatangan dan masuk ke dalam perangkap, namun tidak bisa keluar lagi. Perangkap nyamuk ini bekerja dengan memanfaatkan sinar ultraviolet yang berfungsi untuk menarik perhatian nyamuk agar mendekatinya. Beberapa perangkap elektrik juga ada yang mampu mengeluarkan aroma tertentu yang disukai oleh nyamuk. Nantinya nyamuk yang sudah terjebak di dalam perangkap tidak bisa keluar lagi hingga akhirnya mati.

  1. Kuras Bak Mandi Setiap Hari

Bak mandi menjadi tempat yang paling ideal bagi nyamuk untuk meletakkan telur-telurnya. Telur nyamuk ini biasanya ditempelkan di dinding bagian dalam bak mandi. Telur-telur tersebut kemudian akan menetas menjadi jentik-jentik nyamuk, hingga akhirnya berkembang menjadi nyamuk. Jangan biarkan nyamuk-nyamuk di rumah Anda berkembang biak. Anda harus rajin membersihkan bak mandi supaya kondisinya bersih dan bebas dari jentik-jentik nyamuk. Kuraslah bak tersebut setiap hari. Jangan lupa untuk menyikat seluruh permukaan bagian dalamnya.

  1. Jangan Menggantung Pakaian

Pakaian yang menggantung biasa menjadi sarang bagi nyamuk-nyamuk dewasa. Para nyamuk ini biasanya akan hinggap di pakaian yang digantung, apalagi jikalau kondisi pakaian tersebut cukup lembab atau sudah kotor. Nyamuk-nyamuk juga suka hinggap di pakaian yang warnanya gelap. Jadi Anda tidak boleh menggantung pakaian kalau tidak ingin rumah Anda menjadi sarang nyamuk. Pakaian yang lembab sebaiknya dijemur saja di luar. Kemudian setelah kering, Anda bisa melipat dan menyimpannya di dalam rumah.

  1. Bersihkan Halaman Rumah

Halaman rumah Anda juga bisa menjadi tempat bersarang nyamuk loh. Apalagi jika kondisinya lembab dan gelap. Nyamuk-nyamuk pasti akan suka tinggal di sana. Anda harus berhati-hati dengan kondisi ini. Disarankan untuk membersihkan halaman rumah setiap hari. Pastikan rumput-rumput di sana tidak terlalu tinggi. Rapikan juga tumbuh-tumbuhan yang sudah terlalu rimbun. Dan yang paling penting halaman rumah Anda harus bebas dari sampah.

  1. Perbaikan Selokan Air di Sekitar

Nyamuk akan selalu mencari tempat yang banyak airnya sebagai sarang sekaligus tempat untuk meletakkan telur. Selain bak mandi, nyamuk juga senang bersarang di selokan atau parit yang ada di sekitar rumah kita. Terlebih jika selokan tersebut dalam kondisi yang mampat sehingga airnya tidak mengalir. Kalau Anda menemukan selokan yang tersumbat sebaiknya perbaiki sesegera mungkin. Bersihkan semua sampah dan kotoran yang menyebabkan air tidak mengalir.

  1. Biasakan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat akan menghindarkan kita dari serangan penyakit. Anda bisa membuat beberapa aturan di rumah untuk menjaga kebersihan di dalamnya. Rumah harus bersih supaya bebas dari nyamuk. Jauh lebih penting lagi untuk membiasakan seluruh anggota keluarga untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. Buatlah keluarga Anda sadar akan pentingnya kesehatan bagi kita semua.