Perawatan
Aug11

8 Tips Merawat Pakaian agar Selalu Tampak Baru

tips-merawat-pakaian-agar-tampak-baru.jpg

Memiliki pakaian yang selalu tampak baru merupakan idaman semua orang. Pakaian yang seperti ini akan membuat pemakainya tampil lebih percaya diri dan terlihat lebih menarik. Namun, kebiasaan selalu membeli pakaian setiap hari bukanlah langkah yang bijak. Solusinya adalah merawat pakaian dengan benar agar pesonanya terjaga. Bagaimana caranya?

1. Hindari Mencuci Terlalu Sering

Setiap kali anda mencuci pakaian, saat itu juga pesona desain pakaian tersebut menurun satu level. Hal ini terjadi karena proses perendaman, penyikatan, dan penjemuran akan membuat bahan dan warna semakin memudar. Oleh karena itu, untuk pakaian yang masih bersih dan baru dipakai sebentar, anda cukup mengangin-anginkannya saja agar baunya hilang.

2. Kucek dengan Tangan

Dari sekian banyak metode pencucian pakaian yang ada, mencuci pakaian dengan tangan adalah yang terbaik. Hal ini terjadi karena, tidak seperti sikat dan mesin cuci yang kasar, kondisi tangan manusia adalah halus dan lembut sehingga tidak melukai bahan pakaian tersebut. Alternatif lain, gunakanlah sikat berbulu halus untuk menghilangkan noda membandel di pakaian.

3. Pisahkan Pakaian Menurut Jenisnya

Menurut jenisnya ada tiga pakaian yang harus anda pisahkan, yaitu pakaian berwarna putih, pakaian berwarna-warni, dan pakaian yang mudah luntur. Saat mencuci, pisahkan pakaian-pakaian tersebut di dalam wadah yang terpisah. Gunanya agar antara warna yang satu dengan lainnya tidak saling melunturi.

4. Jangan Merendam Terlalu Lama

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa perendaman pakaian yang dilakukan semakin lama membuat pakaian tersebut semakin bersih. Padahal, faktor air dan deterjen yang buruk lambat laun akan memakan kain pakaian tersebut serta menghilangkan warnanya. Lama perendaman yang tepat biasanya sudah tertera pada masing-masing produk deterjen yang anda pakai.