8 Tips Merawat Pagar Stainless Steel agar Tetap Mengkilap dan Tidak Kusam

Pagar rumah sangat diperlukan terutama bagi kita yang tinggal di lingkungan perkotaan. Gunanya ialah untuk meningkatkan keamanan rumah tinggal. Pagar merupakan pelindung rumah yang paling utama. Oleh karena itu, Anda harus membuat pagar yang kuat dan kokoh supaya mampu melaksanakan fungsi perlindungannya dengan baik. Selain itu, pagar juga mempunyai fungsi lain yaitu memperindah desain eksterior rumah. Adanya pagar membuat tampilan rumah lebih bergaya dan menarik.

Kini semakin banyak pilihan material pembentuk pagar yang tersedia. Anda mungkin tertarik memakai pagar yang terbuat dari logam? Rekomendasi kami bukan pagar besi atau pagar baja, melainkan pagar stainless steel. Yap, sekarang sudah ada produk pagar yang terbuat dari bahan stainless steel. Berbeda dengan besi, stainless steel merupakan logam yang bersifat anti-karat. Sehingga Anda tidak perlu takut pagar akan rusak dengan sendirinya sebab pagar stainless steel ini bebas dari karat.

cara-merawat-pagar-stainless-steel.jpg

Beberapa kelebihan dari pagar stainless steel antara lain :

  • Pagar stainless steel merupakan pagar yang bersifat anti-karat. Anda tidak perlu khawatir pagar rumah bakal berkarat sebab pagar ini tidak mengalaminya. Penyebabnya karena bahan stainless steel dilapisi dengan material yang memang tidak bisa berkarat.
  • Pagar stainless steel mempunyai daya tahan yang kuat terhadap kondisi cuaca yang esktrem. Hal ini dikarenakan pagar stainless steel diproduksi dengan metode yang modern. Sehingga pagar ini lebih tahan terhadap sinar matahari dan air hujan.
  • Pagar stainless steel memiliki penampilan yang sangat mewah, indah, dan berkelas. Kilauannya yang terlihat sangat mengkilap membuat siapa pun pasti terpesona melihat pagar yang satu ini. Pagar ini cocok sekali digunakan untuk menaikkan nilai rumah Anda.

tips-merawat-pagar-stainless-steel.jpg

Agar pesonanya tetap terjaga, Anda harus merawat pagar stainless steel dengan baik.

  1. Bersihkan Setiap Waktu

Ini adalah bentuk perawatan mendasar yang memang harus dilakukan kepada setiap jenis pagar tanpa terkecuali. Anda wajib menjaga kebersihan pagar stainless steel. Caranya tentu dengan membersihkannya secara rutin. Semakin sering Anda membersihkan pagar tersebut, maka akan semakin bagus. Paling tidak Anda perlu membersihkan pagar ini setiap 2 mingku sekali. Jangan biarkan ada kotoran sedikit pun yang menempel di permukaannya.

  1. Gunakan Air yang Asam

Membersihkan pagar stainless steel memang memerlukan trik tersendiri agar hasilnya tak hanya pagar terlihat bersih saja, melainkan juga berkilau. Lama-kelamaan kilauan pagar stainless steel memang akan berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya pagar pun nampak kusan dan tidak menarik lagi. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membersihkan pagar ini memakai air dengan pH yang asam. Misalnya yaitu cuka, air lemon, air jeruk nipis, sitrun, dan lain-lain.

  1. Hindari Memakai Sabun

Kebanyakan orang membersihkan pagar stainless steel memakai sabun cuci piring atau deterjen pakaian. Bahkan ada pula loh yang memakai cairan pemutih baju untuk menghilangkan noda membandel yang menempel di permukaan pagar ini. Memang sih noda tersebut langsung hilang dan pagar pun terlihat bersih kembali. Namun bila Anda terus-menerus memakai bahan-bahan ini untuk membersihkan pagar stainless steel, dampaknya pagar pun akan terlihat kusam.

  1. Jaga supaya Tetap Kering

Sering kali pagar stainless steel memiliki noda air dan flek yang susah dihilangkan. Penyebabnya yaitu pagar tersebut dibiarkan dalam kondisi yang basah terlama lama. Hingga pada akhirnya air yang melekat di pagar pun menimbulkan noda, baik akibat menahan kotoran atau meneruskan sinar matahari. Guna mencegah timbulnya noda air atau flek tersebut, sebaiknya Anda menjaga kondisi pagar stainless steel senantiasa dalam keadaan yang kering.

merawat-pagar-stainless-steel.jpg

  1. Segera Bilas Air Hujan

Saat Anda menyirami tanaman di taman depan rumah, usahakan air siramannya tidak mengenai pagar stainless steel. Pasalnya air memang dapat menimbulkan noda yang sulit dihilangkan pada permukaan pagar ini. Begitu pula dengan air hujan yang tak boleh dibiarkan terlalu lama berada di permukaannya. Bahkan dampak yang bisa ditimbulkan oleh air hujan ini jauh lebih berbahaya. Sebaiknya Anda segera membilas pagar tersebut setelah tersiram air hujan, lalu keringkan.

  1. Pangkas Tanaman di Sekitar

Biar semakin cantik dan asri, kebanyakan orang menanam tumbuh-tumbuhan di halaman depan rumahnya. Mungkin Anda juga melakukannya? Kalau iya, Anda harus menjaga pertumbuhan tanaman-tanaman ini. Pastikan cabang-cabang tanaman tersebut tidak bersentuhan langsung dengan pagar stainless steel. Karena kontak cabang dan daun tanaman ini dapat menimbulkan noda kecokelat-cokelatan pada permukaan pagar yang susah dihilangkan.

  1. Poleslah Secara Berkala

Warna mengkilap pada pagar stainless steel memang lama-kelamaan akan berubah menjadi pudar dan kusam. Supaya pagar tersebut nampak berkilau lagi seperti baru, maka Anda harus melakukan pemolesan ulang. Anda bisa membeli bahan pemoles stainless steel di toko besi dan bangunan terdekat. Produk ini biasanya berbentuk cair atau krim. Cara menggunakannya yaitu Anda cukup memoleskan bahan ini ke permukaan pagar stainless steel memakai kain lembut.

  1. Lakukan Pengecatan Ulang

Selain melakukan pemolesan secara berkala, Anda juga perlu mengecat ulang pagar stainless steel paling tidak setiap 3-5 tahun sekali. Pengecatan ini akan membuat pagar lebih tahan lama dan awet. Lapisan cat yang melekat pada permukaan pagar tak hanya berguna sebagai penghias semata, tetapi juga pelindung pagar. Sebaiknya Anda menggunakan produk cat logam yang memang diperuntukkan bagi pagar yang terbuat dari stainless steel.