Perawatan
Apr30

8 Tips Memasang Keramik Batu Alam di Interior Rumah

Bagaimana tips memasang keramik batu alam di interior rumah? Keramik batu alam umumnya digunakan untuk menghadirkan nuansa alami ke lingkungan tempat tinggal. Lambat laun, penerapan batu alam yang dulu biasanya diaplikasikan pada area outdoor, kini sudah mulai merambah masuk ke interior rumah.

tips-memasang-keramik-batu-alam.jpg

Ruang Tamu Natural

Pada dasarnya, tidak sulit kok untuk memasang keramik batu alam ini. Hanya saja, agar pesona keramik tersebut lebih maksimal mempengaruhi desain interior secara keseluruhan diperlukan teknik-teknik pemasangan yang tepat. Nah, berikut ini adalah kiat-kiat mengatur peletakan dan pendekorasian suatu ruangan memakai keramik batu alam :

  1. Mempunyai rumah yang sempit bukan berarti anda tidak bisa menghiasi interiornya dengan batu alam. Kuncinya yaitu bermainlah pada komposisi warna dan ukuran keramik sehingga interior tetap terkesan lapang. Disarankah pilihlah keramik berwarna abu-abu terang atau keramik dengan ukuran yang cukup besar.
  2. Pada ruang tamu dan ruang keluarga, gunakanlah keramik bertekstur mengkilap agar terasa nyaman dan mudah dibersihkan. Sementara pada dapur dan kamar mandai, terapkan keramik bertekstur matte dan antiselip supaya ruangan tetap aman dan tidak licin saat terkena air.
  3. Apabila anda tertarik mengaplikasikan batu alam sebagai lantai ruangan, pilih keramik yang bertekstur halus serta mempunyai warna netral dan natural. Tujuannya agar lantai tersebut bisa mudah dipadupadankan dengan bagian dinding ruangan.
  4. Untuk pemilihan keramik dinding bagian teras, sebaiknya pakai keramik yang memiliki tingkat kekerasan cukup tinggi. Hal ini dimaksudkan supaya keramik tersebut lebih awet dan kesan alami yang ditimbulkannya lebih kuat. Namun, anda mesti harus memperhatikan tingkat ketajamannya agar tidak melukai orang-orang yang beraktivitas di sekitarnya.
  5. Keramik batu alam juga bisa dijadikan sebagai partisi ruangan visual. Caranya yakni terapkan keramik yang mempunyai warna dengan tingkat kecerahan yang berbeda-beda di setiap ruangan. Keramik yang berkelir gelap bisa diterapkan di interior paling depan, sedangkan keramik yang berwarna cerah bisa dipasang di kamar mandi.
  6. Eksistensi ubin batu alam paling cocok bila dikombinasikan dengan furnitur-furnitur bergaya vintage dan rustic. Kedua konsep ruangan ini akrab dengan suasana yang alami, sehingga akan menjadikan batu alam sebagai titik fokus yang indah.
  7. Supaya penampilan susunan batu alam tidak terlihat monoton, anda bisa memasang berbagai ukuran batu alam secara bersamaan dengan pola yang unik. Selanjutnya, hiasi dengan ornamen-ornamen berbahan kayu untuk melahirkan kesan yang dinamis.
  8. Jangan setengah-setengah dalam memakai batu alam di lingkungan rumah anda. Selain pada dinding dan lantai, keramik ini juga bisa digunakan untuk membuat kolam ikan dan pijakan kaki. Silahkan eksplor lebih mendalam agar keramik tersebut bisa membentuk suatu desain yang unik.