8 Tips Efektif Mengusir Tikus dari Rumah

Apa saja yang telah anda perbuat untuk mengusir tikus dari rumah? Sudah melakukan segala cara namun tikus tetap ada? Tenang, pada artikel kali ini, kami akan berbagai pengalaman bagaimana supaya rumah anda bebas tikus! Tikus merupakan binatang yang sering mengusik kenyaman di rumah. Dia suka mencuri makanan di dapur, membuat gaduh, mengotori rumah dengan kotorannya, sampai menggerogoti furnitur. Di sisi lain, tikus juga tidak mudah ditangkap. Geraknya yang lincah dan cepat, serta tubuhnya yang kecil memungkinkan dia mudah kabur dan bersembunyi.

Lantas bagaimanakah caranya supaya rumah bebas tikus?

1. Memakai Pengusir Tikus Elektrik

Saat ini, sudah tersedia di toko-toko produk teknologi, sebuah perangkat elektrik yang berfungsi untuk mengusir tikus. Cara kerjanya adalah alat ini akan memancarkan suatu gelombang tinggi yang hanya bisa didengar oleh beberapa hewan tertentu. Akhirnya, hewan yang mendengar suara ini akan merasa terganggu dan menjauhi alat tersebut.

Meskipun banyak orang yang mengaku alat ini tidak bekerja, namun kami bisa memastikan untuk merk tertentu alat ini mampu mengusir tikus secara efektif. Hanya saja untuk anda yang memiliki bayi atau memelihara binatang, sangat tidak disarankan untuk memakai alat ini.

cara-mengusir-tikus.jpg

2. Kotoran Kucing atau Ular

Cara kedua ini terdengar menjijikkan, tetapi efektif mengusir tikus. Seperti kita tahu, setiap binatang menandai wilayah kekuasaannya memakai kotorannya. Karena kucing dan ular merupakan predator tikus, maka tikus akan merasa terancam jika memasuki daerah yang penuh dengan bau kedua hewan ini.

Tetapi sayangnya, rumah anda harus siap-siap berbau jika menggunakan cara ini. Apabila anda yakin ingin mencobanya, taruhlah beberapa kotoran tersebut di lorong-lorong rumah yang biasa dilewati tikus. Alhasil tikus tidak berani melewatinya.

3. Minyak Papermint

Aroma papermint yang kuat, khas, dan agak pedas mampu menghalau tikus dari rumah. Oleskan beberapa minyak ini pada daerah-daerah yang kerap dilalui tikus, baik itu dapur, loteng, pintu belakang, kamar mandi, dan sebagainya. Bisa juga dengan membuat butiran-butiran kapas lalu mencampurkannya dengan minyak papermint. Jika anda ingin lebih mudah, pakailah lilin beraroma papermint dan nyalakan agar tikus menjauhinya.

4. Menutup Lubang-lubang di Rumah

Tahukah anda, lubang sekecil apapun jika sanggup dimasuki oleh kepala tikus maka badannya pun bisa melewatinya. Inilah sebabnya kenapa anda perlu menutup semua lubang dengan memakai kawat atau besi. Lubang-lubang seperti ventilasi di atas jendela, got, pintu belakang, dan kerangka atap biasa menjadi jalur alternatif tikus untuk masuk ke rumah anda.

5. Memasang Perangkap Tikus

Pilih perangkap tikus yang mirip sel jeruji, terbuat dari kawat, dan berbentuk kotak karena perangkap jenis ini lebih efektif dan aman. Gunakan umpan berupa selai kacang sebab aromanya yang tajam dan disukai tikus.

6. Letakkan Tong Sampah Sejauh Mungkin

Untuk tempat sampah di luar, letakkanlah jauh di depan rumah. Ini fungsinya agar tikus tidak mampir dahulu ke rumah saat hendak makan sampah-sampah itu. Lebih baik lagi jika tempat tersebut berupa tong tertutup agar tidak bisa dijangkau oleh hewan.

7. Menata Semua Rumah agar Terbuka

Aturlah semua furnitur di rumah, terutama di dapur, agar tidak ada bagian tertutup di sana. Misalnya bagian bawah kulkas atau belakang lemari, sebaiknya diatur agar tetap terlihat dan tidak menjadi tempat persembunyian tikus.

8. Memelihara Kucing Liar

Cara terakhir ini pastinya sudah kita ketahui bersama. Tikus merupakan santapan alami kucing. Jadi, anda bisa memelihara kucing liar. Kenapa harus kucing liar? Karena jika dibandingkan dengan kucing peliharaan, kucing liar ini lebih gesit dan tidak malas-malas. Kucing peliharaan mungkin hanya melihat saja ketika ada tikus di depannya. Ini karena mereka sudah kenyang dan insting berburunya juga lemah karena sudah dibiasakan mendapatkan makanan secara instan sejak lama. Sedangkan untuk kucing liar, berilah dia makan sedikit saja agar dia betah tinggal di rumah kita. Karena masih lapar, maka dia sigap memangsa tikus yang dilihatnya.