8 Cara Mengusir Cicak di Rumah yang Paling Ampuh

Kami yakin Anda pasti menginginkan rumah yang aman dan nyaman untuk dihuni, kan? Sebuah rumah yang menjadi tempat tinggal yang paling menyenangkan bagi Anda beserta keluarga tercinta. Namun sayangnya gangguan selalu muncul. Mulai dari yang paling sepele misalnya keberadaan cicak di rumah. Keberadaan cicak jelas dapat mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga. Apalagi kalau populasinya cukup banyak.

Kata orang, makanan cicak cuma nyamuk. Ternyata anggapan ini keliru loh. Mungkin zaman dahulu cicak hanya memakan nyamuk. Tapi sekarang binatang melata ini sudah tahu betapa enaknya nasi, lauk-pauk, dan minuman manis. Kini perilaku cicak sudah tidak ada bedanya dengan tikus. Cicak-cicak ini tidak hanya memakan nyamuk yang beterbangan, tetapi mereka juga suka mencuri makanan atau minuman di dapur.

cara-mengusir-cicak.jpg

Anda pun merasa kesal bukan main terhadap kelakuan cicak ini. Sudah pasti makanan atau minuman yang telah disentuh oleh cicak menjadi tidak higienis lagi sehingga berbahaya kalau dikonsumsi. Bukan tidak mungkin cicak tersebut baru melewati loteng, dak, atau talang yang sangat kotor. Anda pun sudah tidak mau memberi ampun lagi kepada cicak-cicak tersebut. Satu-satunya jalan keluar yang dapat diambil yaitu mengusirnya.

Jika Anda ingin mengusir cicak dari rumah sehingga membuat rumah Anda dan lingkungan sekitarnya bebas dari cicak, Anda bisa mengikuti kiat-kiat ala Arafuru.com di bawah ini.

Kiat 1. Bersihkan Rumah secara Rutin

Kita mulai dari tips yang paling sederhana dulu yaitu membersihkan rumah secara rutin. Ini merupakan kewajiban dasar bagi setiap pemilik rumah dalam merawat huniannya. Rumah yang bersih menandakan kalau kondisinya sehat. Jangankan cicak, kuman dan bakteri pun enggan bersarang di rumah yang bersih. Saat membersihkan rumah, usahakan Anda tak hanya membersihkan lantainya saja, melainkan dinding dan plafonnya juga. Sebab cicak biasanya suka membuat sarang dan bersembunyi di sini.

Kiat 2. Gunakan Cat Berwarna Cerah

Semua binatang memiliki kecenderungan untuk berada di tempat yang warnanya mirip seperti warna tubuhnya. Hal ini bertujuan agar dia bisa berkamuflase, baik untuk bersembunyi dari predator atau pun mengelabui mangsanya. Perilaku yang sama juga dilakukan oleh cicak. Cicak selalu akan mencari tempat yang warnanya mirip seperti warna tubuhnya yaitu abu-abu. Itulah sebabnya, cicak lebih senang berada di tembok yang warnanya abu-abu, putih, cokelat, hitam, atau warna gelap. Agar cicak tidak senang dengan dinding di rumah, Anda bisa mengecatnya dengan warna yang cerah seperti kuning, hijau pupus, biru langit, atau jingga.

Kiat 3. Pasang Keramik di Dinding

Mengapa cicak bisa merayap di dinding dan tidak terjatuh walaupun posisi tubuhnya berdiri tegak atau terbalik? Penyebabnya tidak lain karena adanya bulu-bulu halus di telapak kakinya yang memiliki kekuatan yang tinggi. Bulu-bulu inilah yang berfungsi untuk memijak pori-pori di permukaan dinding. Jangan mau kalah dengan cicak! Anda bisa mengubah tekstur permukaan dinding menjadi licin dengan memanfaatkan keramik. Anda bisa memasang keramik di seluruh permukaan dinding atau hanya separuhnya saja. Bila kurang suka, Anda bisa memasang lis keramik cukup di bagian ujung paling atas atau tengah-tengah dinding. Kami jamin tidak ada cicak yang mampu melewatinya. Cicak-cicak tersebut pasti akan jatuh terpeleset saat memijak permukaan keramik.

Kiat 4. Letakkan Perangkap Cicak Khusus

Kini perkembangan zaman begitu maju. Sudah ada berbagai alat yang dapat membantu kehidupan manusia. Semua pekerjaan menjadi lebih mudah dengan adanya alat-alat ini. Tentu tidak ketinggalan yaitu perangkap khusus untuk menangkap cicak. Perangkap ini ada yang berwujud kertas dengan lapisan lem, kerangkeng besi, atau perangkat elektronik khusus untuk menarik perhatian cicak dan mengurungnya. Cicak yang sudah berhasil ditangkap lantas bisa Anda buang ke dalam toilet. Namun bila Anda baik hati, Anda bisa membuangnya hidup-hidup di kebun yang lokasinya jauh dari rumah.

Kiat 5. Berburu Paksa dengan Sapu Lidi

Jika Anda sudah terlalu jengkel dengan kelakuan cicak-cicak di rumah, Anda bisa mengusirnya secara langsung. Anda bisa menggunakan sapu lidi sebagai alat pengusirnya. Caranya yaitu dengan berburu. Perhatikan baik-baik kondisi di sekitar Anda. Apakah ada cicak yang sedang bersantai di dinding atau tidak? Kalau Anda menemukannya, dekati cicak tersebut dengan hati-hati. Melangkah secara perlahan-lahan mendekati cicak tersebut agar tidak ketahuan. Setelah jarak Anda dengan si cicak target sudah cukup dekat, Anda bisa langsung memukulnya memakai sapu lidi dengan sekali hantam. Kemungkinan besar cicak tadi pasti akan terkena pukulan Anda.

Kiat 6. Geser Meja Makan ke Tengah

Target utama cicak yaitu makanan dan minuman. Cicak mencuri makanan atau minuman milik Anda untuk dikonsumsi sendiri. Cara ini jauh lebih mudah daripada dia harus berburu nyamuk. Biasanya kita akan menaruh makanan dan minuman di meja khusus, lalu menutupi memakai tudung saji. Ternyata jari-jari tudung saji bisa dilewati oleh cicak loh. Guna mencegah para cicak mencuri makanan atau minuman Anda, sebaiknya geserlah meja makan agak ke tengah. Cicak memang lihai kalau sudah berada di dinding. Namun mereka begitu lemah saat merayap di lantai. Anda bisa lebih mudah memukul cicak yang tengah berada di lantai.

Kiat 7. Pakai Lemari Makan Berpenutup

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Salah satu penyebab banyaknya cicak di rumah Anda yakni tersedianya bahan makanan yang begitu melimpah untuknya. Cicak-cicak ini dapat mengambil makanan dengan mudahnya di dapur. Kalau tidak di meja makan, paling juga di dalam lemari makan. Anda harus mencegah serangan cicak terus berlanjut. Lindungi makanan Anda di dapur dengan menggunakan lemari khusus untuk menyimpan makanan. Biasanya lemari ini sudah dilengkapi dengan kaca penutup yang sangat rapat serta ventilasi udara yang dilindungi kawat kasa.

Kiat 8. Buang Telur-telur Cicak

Jangan biarkan cicak-cicak berkembang biak di dalam rumah Anda. Kalau kondisi ini berlanjut, populasi cicak di rumah akan semakin banyak. Pada awalnya mungkin hanya 3-5 ekor cicak. Tapi beberapa waktu kemudian, cicak-cicak ini akan bertelur sehingga menghasilkan cicak-cicak baru. Bila Anda tidak segera mengendalikannya, bukan tidak mungkin bulan depan jumlah cicak di rumah Anda menjadi 2-3 kali lipat dari sekarang. Untuk melakukan pencegahan, Anda bisa mencari telur-telur cicak dan membuangnya. Telur cicak ini biasanya diletakkan oleh induknya di tempat yang tersembunyi, sudut ruangan, atau permukaan yang cekung.