Perawatan
May20

8 Cara Membasmi Ulat Bulu Secara Alami

Bagaimana cara membasmi ulat bulu secara alami? Banyak orang yang benci dengan ulat bulu. Meskipun akhirnya akan berubah menjadi kupu-kupu dan menguntungkan tanaman, namun ketika masih berbentuk ulat bulu, dia kan menghabiskan banyak sekali dedaunan untuk mencukupi kebutuhan perutnya. Tidak hanya itu, bagi manusia, ulat bulu juga akan memberikan rasa gatal bagi yang menyentuhnya.

Penggunaan pestisida sebagai pembasmi ulat bulu mungkin akan bekerja dengan efektif. Namun, zat kimia yang terkandung di dalam pestisida juga berdampak negatif pada lingkungan sekitar. Misalnya, pestisida mampu mematikan serangga-serangga bermanfaat seperti cacing, kepik, dan lebah. Penggunaan pestisida yang tidak sesuai takaran juga bisa meracuni tumbuhan yang ditanam.

membasmi-ulat-bulu.jpg

Berikut ini beberapa cara untuk membasmi ulat bulu selengkapnya :

1. Membuangnya Secara Langsung

Jika ulat bulu yang ada di rumah anda relatif sedikit, mengapa tidak mencoba jalan yang mudah dan murah saja. Yap, tidak lain adalah dengan mengambilnya secara langsung menggunakan sumpit. Berburu ulat bulu tidak begitu susah karena gerak hewan ini tergolong lambat sehingga tidak mudah bersembunyi. Ulat-ulat yang sudah ditangkap sebaiknya dibuang di dalam plastik agar tidak menjadi hama di tempat lain.

2. Memberikan Bubuk Bacillus thuringiensis (Bt)

Bacillus thuringiensis (Bt) merupakan bakteri baik yang mampu membunuh ulat bulu dan tidak berbahaya bagi serangga lainnya. Bentuknya berupa bubuk/tepung dan bisa anda dapatkan di toko tanaman. Penggunaannya terbilang sangat mudah. Anda cukup menaburkan sedikit saja di daun-daun tumbuhan. Niscaya bakteri ini akan mematikan ulat yang melewatinya.

3. Memelihara Burung, Ayam, atau Bebek

Secara alami, burung, ayam, dan bebek akan memakan ulat bulu. Ayam dan bebek mungkin bisa dipelihara dengan cara dilepas begitu saja. Namun bagaimana dengan burung? Untuk burung, anda bisa menaruh beberapa ekor burung di kandangnya untuk menarik perhatian burung lainnya agar datang ke rumah dan kebun anda, serta menyantap ulat-ulat bulu yang ada di sana.

4. Gulungan Tisu Toilet/Gelas Plastik

Percayakah anda jika gulungan tisu toilet atau gelas plastik bisa membasmi ulat bulu? Setidaknya, kedua benda ini bisa anda gunakan untuk mencegah tanaman anda dimakan oleh ulat bulu. Tutup tanaman-tanaman kecil memakai gulungan tisu/gelas.

5. Kertas Karton dan Triplek

Kebiasaan ulat bulu yang suka bersembunyi di malam hari bisa dimanfaatkan untuk membasminya dengan mudah. Caranya, letakkan karton/triplek di tengah-tengah taman. Hati-hati jangan sampai membuat tanaman justru tertindih dan mati. Keesokan paginya angkat karton tersebut apakah ada ulat di baliknya.

7. Menanam Tumbuhan yang Dibenci Ulat Bulu

Seperti kita ketahui, beberapa serangga cenderung membenci tumbuh-tumbuhan yang membuatnya tidak nyaman. Nah, untuk ulat bulu tanaman yang tidak disukainya adalah kemangi, lavender, dan mint. Tanamlah tumbuhan-tumbuhan ini di kebun anda untuk membuat ulat bulu pergi menjauh.

8. Merotasi Tanaman yang Dipelihara

Penggantian jenis tumbuhan yang ditanam memungkinkan ulat bulu akan kesulitan dalam beradaptasi di kebun anda. Pemindahan letak penanaman juga cukup bekerja baik untuk mengurangi populasi perkembangbiakan ulat bulu. Sebagai contoh, di bulan Januari anda menanam tomat di taman depan. Kemudian, pada bulan Mei anda memindahkan tomat tersebut ke halaman belakang.