Perawatan
Mar27

8 Cara Cerdas Mencegah Ular Masuk Ke Rumah

Bagaimana cara mencegah ular masuk ke dalam rumah? Kejadian rumah yang dimasuki oleh seekor ular bukanlah peristiwa yang aneh lagi. Biasanya, ular akan bertamu ke suatu rumah apabila terdapat mangsa-mangsanya berupa tikus. Jadi, cara termudah untuk mencegah ular turut menghuni rumah anda adalah dengan memastikan rumah bebas dari tikus.

cara-mencegah-ular-masuk-rumah.jpg

Ular

Di bawah ini kiat-kiat manjur agar rumah tidak dimasuki ular!

1. Pastikan Rumah Bebas dari Mangsa Ular

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ular masuk ke dalam rumah karena ingin memburu mangsanya. Apabila jumlah mangsa tersebut melimpah, tak jarang ular bahkan juga akan membuat sarangnya. Mangsa ular yang sering tersedia di lingkungan rumah dan sekitarnya adalah tikus, ayam, dan katak. Oleh karena itu, pastikan rumah anda bebas dari mangsa-mangsa alami ular ini supaya tidak didatangi ular.

2. Halangi Akses Jalan Masuk Ular

Sebagai hewan yang dibenci manusia, ular akan masuk ke dalam rumah dengan menyusup secara diam-diam. Akses masuk yang menjadi favoritnya adalah lubang ventilasi udara, saluran air, atap rumah, dan celah-celah dinding. Jadi, usahakan semua jalur-jalur tersebut terpantau dengan baik oleh anda. Kalau perlu, tutuplah lubang-lubang ini dengan kawat kasa sehingga tidak muat ditembus tubuh ular.

3. Stop Menyimpan Barang Bekas Tak Berguna

Barang-barang bekas seringkali disimpan apabila dirasa masih diperlukan di kemudian hari. Namun sayangnya, kebanyakan orang tanpa sadar menyimpan barang bekasnya terus-menerus sampai menggunung. Kalau sudah begini, tentu ruangan tersebut akan menjadi lokasi persembunyian ular yang ideal. Bila sempat, cobalah tata kembali koleksi barang kesayangan anda dan buanglah benda-benda yang memang sudah tidak digunakan lagi, setidaknya dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

4. Tutup Rapat Sampah di Rumah

Sampah merupakan makanan utama para tikus yang datang ke rumah anda. Semakin banyak tikus yang kerasan, maka ular-ular pun akan merasa diundang untuk berkunjung. Dengan memutuskan sumber makanan tikus yaitu sampah, sekaligus anda telah mencegah kedatangan ular.

5. Tak Perlu Menggunakan Garam

Kebanyakan masyarakat Indonesia mempercayai mitos jika ular takut garam. Faktanya, sisik yang menyelimuti tubuh ular cukup tahan dengan garam. Daripada melakukan hal yang sia-sia, lebih baik simpan garam dapur anda untuk bumbu masakan berikutnya.

6. Ular Takut dengan Bau-bau Menyengat

Ternyata, ular takut sekali dengan aroma dari bau-bau yang menyengat lho. Hal ini dikarenakan ular mengandalkan indera penciuman lewat lidahnya untuk mengenali keadaan di lingkungan sekitar. Ketika rumah anda berbau wangi, maka ular akan merasa kebingunan dan akhirnya kabur menjauh.

7. Ular Takut dengan Hewan Karnivora

Meskipun ular merupakan hewan yang berbahaya, namun ular juga memiliki predator alami berupa hewan-hewan karnivora. Ular cenderung akan menjauhi hewan yang mempunyai cakar dan taring seperti kucing dan anjing. Ada baiknya anda memelihara hewan-hewan ini untuk mengusir ular dari rumah.

8. Bangun Pagar Beton Mengelilingi Rumah

Untuk memaksimalkan perlindungan rumah dari ancaman ular, anda bisa membangun pagar beton yang mengelilingi rumah tersebut. Buatlah pertahanan tembok lebih maksimal dengan memasangkan kawat berduri di bagian atasnya. Terlebih jika rumah anda berada di dekat sawah atau rawa-rawa yang mana merupakan habitat alami ular.