8 Aturan agar Kebersihan Rumah Terjaga

Kebersihan sebagian dari iman. Rumah yang bersih merupakan salah satu pertanda sehatnya rumah tersebut. Seseorang yang tinggal di rumah yang bersih pasti akan sehat. Dia juga akan merasa betah dan nyaman berada di dalamnya. Oleh sebab itu, semua orang terus berupaya menjaga kondisi rumahnya tetap bersih. Berbagai cara pun dilakukan setiap hari dengan tujuan untuk membersihkan rumah. Namun kenyataannya rumah selalu kotor lagi dan lagi.

Awal mulanya Anda masih bersemangat dalam membersihkan rumah. Anda merasa senang bisa mengubah kondisi rumah yang sebelumnya kotor menjadi lebih bersih sehingga nyaman untuk dihuni. Tapi lama-kelamaan Anda pun merasa jenuh sendiri. Bukan tanpa alasan. Sebab suasana rumah yang bersih hanya terjadi sesaat setelah Anda membersihkan rumah. Beberapa waktu kemudian kondisi rumah pun menjadi kotor kembali.

aturan-menjaga-kebersihan-rumah.jpg

Untuk menjaga kondisi rumah supaya tetap bersih, Anda perlu membuat aturan-aturan yang harus ditaati oleh semua penghuni rumah. Aturan ini tentang kebersihan rumah yang wajib dijaga dengan baik. Berikut ini contoh aturan-aturannya!

Aturan 1. Buat Zona Umum dan Zona Keluarga

Ada baiknya Anda membuat zona pembagian rumah. Zona ini terdiri dari zona umum dan zona keluarga. Zona umum adalah zona untuk Anda menerima para tamu. Zona ini tak hanya untuk Anda sekeluarga, tetapi bisa dilihat oleh orang-orang yang datang sebab sifatnya publik. Zona umum ini mencakup teras, ruang tamu, lorong, dapur, dan kamar mandi. Sedangkan untuk zona keluarga ini merupakan ruangan-ruangan khusus untuk Anda sekeluarga.

Aturan 2. Sediakan Ruangan Khusus Bermain

Anak-anak biasanya yang paling sering mengotori rumah. Tidak lain karena mereka suka memainkan benda-benda apapun yang dilihatnya. Sebenarnya bukan salah mereka. Namanya juga anak-anak pasti tahunya hanya bermain. Menjadi tugas Anda sebagai orang tua untuk mengatur anak-anak supaya bermain di tempat semestinya. Sediakan ruangan khas yang bisa dipakainya untuk bermain. Aturannya sederhana yaitu semua mainan hanya boleh ada di ruangan ini.

Aturan 3. Makan harus di Ruang Makan

Hal lain yang dapat mengotori rumah adalah makanan. Makanan yang berceceran di mana-mana akan membuat ruangan menjadi kotor. Selain itu, serangga seperti semut dan kecoa akan ramai mendatangi rumah Anda jika dipenuhi oleh makanan yang berceceran. Anda harus tegas membuat aturan untuk mewajibkan semua orang supaya makan di ruang makan. Tidak boleh membawa makanan keluar dari ruang makan.

Aturan 4. Bersihkan Kamar Mandi Setiap Saat

Jangan terlalu pelit dengan sabun kamar mandi. Sebab kamar mandi biasanya menjadi ruangan yang paling jorok di rumah. Hal ini bukan tanpa alasan karena memang kamar mandi berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri. Oleh karena itu, ada banyak sekali kotoran yang ada di sini. Untuk mengatasinya, buatlah aturan bahwa semua orang wajib setidaknya menggosok lantai kamar mandi setelah menggunakannya.

Aturan 5. Cucilah Peralatan Makan Setelah Digunakan

Jangan suka menunda-nunda pekerjaan yang bisa Anda lakukan saat ini. Sebab meskipun pekerjaan tersebut sederhana, tetapi kalau ditunda, menumpuk, dan bertambah banyak, maka akibatnya akan merepotkan diri Anda sendiri. Contohnya soal mencuci peralatan makan. Coba mulailah dari sekarang untuk segera mencuci peralatan makan seperti gelas, piring, dan sendok setelah Anda selesai menggunakannya. Jangan biarkan alat-alat ini menumpuk.

Aturan 6. Semua Orang Bertanggung Jawab Pada Kamarnya

Berikanlah penjelasan dan pengarahan kepada seluruh penghuni rumah untuk bertanggung jawab terhadap kondisi di dalam kamarnya. Setiap penghuni rumah harus menjaga kondisi kebersihan kamarnya. Selain itu, buatlah aturan lain yang mengharuskan penghuni kamar untuk membersihkan kamar tidurnya terlebih dahulu sebelum dia meninggalkan kamar. Maka dengan cara ini kebersihan kamar tidur akan terjaga.

Aturan 7. Sampah harus Dibuang di Tempat Sampah

Anda juga harus menaruh perhatian serius terhadap sampah yang ada di rumah. Pastikan rumah Anda bebas dari sampah. Sekecil apapun sampah jadikan problem yang serius. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan penjelasan yang tegas bahwa semua orang tidak boleh membuang sampah sembarangan. Selain itu, Anda pun perlu menyediakan beberapa tempat sampah di lokasi yang strategis agar semua orang mudah dalam membuang sampah.

Aturan 8. Adakan Kerja Bakti Setiap Minggu

Biasakanlah semua anggota keluarga Anda giat dalam membersihkan rumah. Jangan biarkan keluarga Anda bermalas-malasan. Salah satu caranya dengan mengadakan kegiatan kerja bakti di hari minggu. Anda bisa membuat aturan untuk bekerja bakti di hari minggu saat pagi hari. Lalu buatlah tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing orang. Setiap orang bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Agar lebih menyenangkan, buatlah undian mengenai tugas ini di malam Minggunya.