Perawatan
May7

7 Langkah Cara Mencuci Karpet Masjid

Bagaimana cara mencuci karpet masjid yang benar? Karpet biasa dipakai sebagai alas penutup lantai untuk membuat pijakan kaki terasa lebih nyaman. Sebagai tempat beribadah, masjid juga sering dilengkapi dengan karpet. Sehingga orang-orang pun dapat menunaikan ibadahnya dengan khusyuk.

Sayangnya karpet di masjid mudah sekali kotor. Ini dikarenakan ada banyak sekali orang yang memijak di atasnya setiap hari. Belum lagi desain interior masjid yang biasanya dirancang menggunakan konsep terbuka menyebabkan kotoran mudah masuk. Debu yang beterbangan dengan mudahnya dapat menempel ke permukaan karpet masjid.

Karpet masjid wajib dicuci sampai bersih secara berkala. Ingat bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Karpet yang senantiasa dijaga kebersihannya akan terbebas dari bakteri, kuman, dan bibit penyakit. Daya tahan karpet tersebut pun semakin lama karena kondisinya tetap terjaga dengan baik. Namun karena ukurannya sangat besar, mencuci karpet masjid bukanlah pekerjaan yang mudah.

Di bawah ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan!

Langkah 1 : Bersihkan Memakai Vacuum Cleaner

Kebanyakan kotoran yang menempel di karpet ialah partikel-partikel debu yang menyelip di sela-sela seratnya. Jadi upaya yang paling efektif dan efisien untuk menghilangkan debu-debu tadi yakni menggunakan vacuum cleaner. Debu harus dibersihkan pertama kali sebelum karpet disiram air sehingga menjadi lebih mudah. Anda justru bakal merasa lebih kerepotan kalau harus membersihkan debu yang sudah terlanjur basah.

Langkah 2 : Gantungkan Karpet di Jemuran Khusus

Biar lebih memudahkan pekerjaan Anda, karpet yang akan dibersihkan sebaiknya digantungkan saja di tempat jemuran khusus. Hindari mencucinya langsung di atas lantai karena akan mempersulit Anda sendiri. Anda bisa menggunakan alat jemuran yang terbuat dari besi, atau lebih baik lagi buatlah gantungan khusus. Usahakan gantungan ini dibuat dengan ukuran yang besar dan tinggi sehingga karpet bisa terbentang.

Langkah 3 : Semprot dengan Air Bertekanan Tinggi

Satu lagi tips biar proses pencucian karpet masjid menjadi semakin mudah, Anda sebaiknya menggunakan air yang bertekenan tinggi. Jangan hanya menyiramkan air menggunakan gayung pada karpet tersebut. Dengan digunakannya air yang bertekanan ini akan membuat partikel-partikel yang masih terselip di sela-sela bahan bisa tertekan keluar. Semprotkan air ini secara merata ke seluruh permukaan karpet mulai dari bagian atas menuju ke bagian bawahnya.

cara-mecuci-karpet-masjid.jpg

Langkah 4 : Pakailah Sabun Khusus untuk Karpet

Sebisa mungkin pakailah cairan pembersih yang khusus dibuat untuk mendukung keperluan mencuci karpet. Kabar baiknya adalah produk cairan pembersih seperti ini sudah banyak dijual di Indonesia. Hindari penggunaan deterjen pakaian sebab malah akan merusak serat bahan karpet. Kebutuhan deterjen pun biasanya lebih banyak sehingga boros. Kalau tidak ada cairan pembersih karpet, Anda bisa memakai sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Langkah 5 : Gosok Permukaannya dengan Sikat Halus

Permukaan karpet pun perlu digosok menggunakan sikat supaya bersih maksimal. Selalu pakai sikat yang memiliki bulu lembut agar tidak merusak serat kain. Pada saat menyikat pun Anda harus melakukannya sepenuh hati dan jangan terlalu kasar. Penyikatan sebaiknya hanya difokuskan di area tengah. Benang-benang yang terpasang di tepi karpet masjid biasanya gampang rontok bila terlalu sering disikat.

Langkah 6 : Jemur cukup Diangin-anginkan

Selalu ingat bahwa cahaya matahari mengandung sinar infrared dan sinar ultraviolet yang bersifat merusak. Bila Anda menjemur karpet langsung di bawah matahari, akibatnya warna karpet pun memudar dan lama-kelamaan seratnya akan rusak. Proses pengeringan yang paling baik ialah memanfaatkan angin. Anda bisa menjemur karpet di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Walaupun waktu pengeringannya menjadi lebih lama, tetapi kondisi karpet tetap terjaga.

Langkah 7 : Baking Soda untuk Menghilangkah Bau

Karpet yang baru saja dicuci biasanya memiliki bau yang tidak sedap. Selain menggunakan produk cairan pewangi buatan, Anda pun dapat memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan bau ini. Baking soda merupakan bahan alami yang paling tepat untuk digunakan menetralisir bau. Anda cukup menaburkan baking soda secukupnya di atas permukaan karpet, lalu tunggu sekitar 30-45 menit. Jangan lupa bersihkan kembali permukaan karpet ini dengan menyedot baking soda menggunakan vacuum cleaner.