Perawatan
Apr16

7 Cara Membasmi Semut yang Bersarang di Rumah

Bagaimana caranya membasmi semut yang bersarang di dalam rumah? Meskipun ukuran tubuhnya sangat kecil, semut merupakan salah satu hewan yang paling mengganggu kenyamanan hidup di rumah. Tidak hanya menyerbu simpanan gula, biasanya semut juga menghampiri makanan, minuman, dan semua yang ada di dapur. Bahkan tak jarang, semut pun membuat sarangnya di dalam lemari pakaian.

Kalau sudah begini, tentu tak ada jalan lagi selain membasmi semut-semut yang sudah mengganggu kehidupan anda sekeluarga tersebut. Ya walaupun beberapa semut terkadang juga berguna bagi manusia, seperti membersihkan kotoran-kotoran makanan yang berceceran di lantai atau mengusir rayap dari rumah. Tetapi apabila jumlahnya terlalu banyak, maka kehadiran sekawanan semut ini pun justru merusak kenyamanan di rumah tinggal.

tips-membasmi-semut-di-rumah.jpg

Semut

Nah, di bawah ini adalah kiat-kiat bagaimana membasmi semut di rumah secara efektif :

1. Semprot Menggunakan Baking Soda

Tahukah anda, baking soda dapat digunakan untuk membasmi semut-semut yang ada di rumah. Seperti yang sudah pernah kami utarakan di sini, baking soda mempunyai kegunaan yang banyak untuk membersihkan rumah. Khusus pembasmian semut, masukkan beberapa sendok baking soda ke dalam botol spray dan tambahkan air secukupnya. Kocok-kocok sedikit agar kedua bahan ini tercampur secara merata. Berikutnya, semprotkan cairan ini tepat ke sarang semut agar kawanan tersebut menjauhi rumah.

2. Taburkan Bubuk Kayu Manis

Seperti kita ketahui, semut sangat menyukai segala hal yang terasa manis. Tetapi sebaliknya, binatang ini malahan sangat membenci kayu manis. Entah kenapa, semut-semut selalu menjauhi bumbu dapur yang satu ini. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan kayu manis sebagai pembasmi semut yang alami. Caranya yaitu taburkanlah bubuk kayu manis di sarang semut dan tempat-tempat sering dilewatinya. Niscaya, semut-semut ini pun ogah kembali ke rumah tinggalnya.

3. Semut Benci Aroma Kopi

Siapa yang menyangka kalau bubuk kopi ternyata bisa juga digunakan untuk mengusir semut? Malahan, serbuk kopi ini disebut-sebut sebagai salah satu bahan alami yang sangat ampuh. Hal ini dikarenakan kopi memiliki aroma khas yang kuat, di mana kawanan semut membenci hal ini karena mengganggu indera penglihatannya. Cukup dengan menaburkan bubuk-bubuk kopi di sarang semut atau di bawah lemari makanan, hasilnya semut pun tidak berminat mendekati tempat-tempat tersebut.

4. Manfaatkan Cairan Sabun Deterjen

Untuk membuat cairan pembasmi semut yang mudah, murah, dan manjur, anda bisa memanfaatkan larutan air dan deterjen. Siapkan sabun deterjen dan air panas secukupnya, kemudian campurkan dan aduk sampai merata. Setelah itu, masukkan larutan ini ke dalam botol spray agar mudah digunakan. Semprotkan lah cairan pembasmi ini ke sarang semut agar kawanan tersebut kabur.

5. Pakai Saja Cairan Cuka

Bahan alami lain yang juga ampuh dipakai untuk membasmi semut-semut adalah cuka. Kenapa? Sebab cuka mempunyai sifat asam yang cukup tinggi, sehingga semut akan merasa pedih ketika tubuhnya terkena cairan ini. Cuka juga mempunyai aroma khas yang kuat sekali, di mana hal ini dapat mengganggu indera penglihatan si semut.

6. Taburkan Tepung-tepungan

Faktanya, semut tidak menyukai adanya tepung-tepungan di sekitar sarangnya. Tepung dianggap sebagai perusak sarang semut, baik karena mengotorinya ataupun menghalangi akses keluar masuk sarang tersebut. Tak ada salahnya menaburkan 2 sendok makan tepung terigu, tepung maizena, tepung kanji, dan lain-lain tepat di atas sarang semut. Untuk hasil yang lebih efektif, anda bisa memanfaatkan bedak talk yang mengandung mint.

7. Bau Khas dari Cengkeh

Bau khas dari cengkeh juga terbukti dibenci sekali oleh seluruh kawanan semut lho. Bau yang dikeluarkan dari rempah ini sangat kuat dan begitu menyengat. Saat mencium bau cengkeh yang tidak mengenakan, semut-semut ini akan berusaha lari menjauhinya.