Perawatan
Mar27

7 Cara Efektif Mengusir Semut Secara Alami

Mengusir semut dengan cara alami, emang bisa?

Telah dikenal lama jika semut suka mencuri makanan dari rumah. Mulai dari gula, lauk, jajanan, buah, sampai minuman tak luput dari jangkauan si serangga kecil ini.

Cobalah ketujuh cara di bawah ini agar rumah anda bebas dari semut :

1. Hancurkan Sarangnya

Menghancurkan sarangnya adalah langkah paling efektif untuk memaksa semua semut angkat kaki dari rumah anda. Tempat yang paling sering dijadikan sarang adalah atap dapur karena selain tersembunyi juga mudah dalam mendapatkan makanannya.

Bisa juga di gudang, bawah lemari, atau bahkan di sudut ruangan bawah keramik.

Adapun cara efektif untuk menemukan sarang ini adalah dengan memasang perangkap berupa gula. Taburkan gula di atas lantai. Salah satu yang menemukannya akan memanggil teman-teman lainnya. Nantinya akan terjadi iring-iringan semut yang menuju sarangnya.

2. Memakai Kapur Ajaib

Jenis kapur yang satu ini memang terbukti ampuh. Selain bisa digunakan untuk membasmi kutu busuk, kapur ajaib juga manjur untuk mengusir semut.

Goreskan kapur ini pada pinggiran meja, lemari, kursi, dan semua tempat yang digunakan untuk menaruh makanan dan jajanan. Alhasil, semut tidak berani melewati kapur ini dan makanan anda pun aman dari sentuhannya.

3. Campuran Gula dan Racun Tikus

Semuanya pasti tahu kan semut sangat menyukai gula? Dari sinilah, kita bisa membunuh segerombolan semut dengan sangat mudah.

Campur gula dan racun tikus dengan perbandingan 5:1 agar semut tidak curiga ada racun di dalam gula. Kemudian berikan sedikit air dan aduk sampai rata. Tambahkan beberapa sendok tepung terigu agar cairan ini mengental, lalu aduk kembali. Tuangkan ramuan ini di sekitar sarang semut agar mereka mudah menemukannya. Semut yang terkecoh akan membawa makanan beracun ini ke dalam sarangnya dan menikmatinya beramai-ramai. Tak lama kemudian pasti mereka pun akan mati.

Pastikan setelah anda membuat ramuan ini, cuci tangan sabun sampai benar-benar bersih. Hindari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

mengusir-semut-secara-alami.jpg

4. Baking Soda

Sama seperti rayap, semut juga mengeluarkan sejenis cairan beraroma asam dari tubuhnya. Fungsi cairan ini adalah sebagai penanda wilayah kekuasaan masing-masing koloni semut. Apabila semut mencium aroma asam dari koloni lainnya, maka ia tidak berani mendekati tempat tersebut.

Aroma asam yang dikeluarkan oleh semut ini ternyata mirip dengan aroma baking soda. Sehingga anda pun bisa menggunakannya untuk mengecoh semut-semut.

Masukkan baking soda ke dalam botol spray lalu berikan air. Kocok botol perlahan agar larutan di dalamnya tercampur rata.

Setelah larutan selesai dibuat, anda bisa menyemprotkan cairan ini di sekeliling tempat menyimpan makanan, dapur, atau bahkan seluruh rumah. Semut-semut yang mencium aroma ini akan pergi menjauh.

5. Air Sabun Beraroma Jeruk Nipis

Kebanyakan hewan mengenali koloninya dari bau yang dimilikinya, termasuk semut. Inilah sebabnya, ketika mereka berpapasan, semut seolah bersalaman. Dari fakta inilah, kita bisa mengacaukan semut untuk mengenali teman-teman sekoloninya.

Temukan sarang semut dengan memakai cara pertama. Cepat-cepat siram dengan air sabun beraroma jeruk nipis ini

6. Daun Beraroma Kuat

Semut sangat peka penciumannya. Dia menjadikan indera ini sebagai salah satu penunjuk jalan. Sehingga saat mereka menemukan tempat berbau tajam, maka cenderung akan menghindari tempat-tempat tersebut.

Daun sirih, kemangi, mint, atau cengkeh adalah bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan. Remas-remas daun tersebut sedikit saja agar baunya bisa semakin menyengat. Taburkan di tempat-tempat yang sering dilalui oleh semut.

7. Tepung Jagung atau Cangkang Telur

Selain penggunaan insektisida, semut yang ada di taman juga bisa dibasmi memakai tepung terigu atau cangkang telur. Untuk cangkang telur, anda perlu mengolahnya dahulu dengan cara disangrai, lalu ditumbuk sampai halus.

Cara penggunaannya sederhana saja. Taburkan tepung jagung atau tepung cangkang telur ini di sekitar sarangnya. Koloni semut yang menyadari adanya serbuk-serbuk putih ini akan langsung meninggalkan sarangnya.