6 Tips Menata Kamar Kost Sempit biar Nyaman

Keberadaan kamar kost sangat membantu kita dalam mendapatkan tempat tinggal sementara yang murah dan dekat dengan tempat sekolah/kerja. Namun sayangnya, demi meraih keuntungan yang lebih banyak, kebanyakan kamar kost dibangun dengan ukuran yang sangat sempit maksimal 3×3 meter saja. Oleh karena itu, diperlukan penataan yang tepat agar kamar tidur yang ditempati tetap terasa nyaman meskipun ruang geraknya sangat terbatas.

Berikut ini tips-tips dari Arafuru untuk anda selengkapnya :

1. Pastikan Kamar Kost Memiliki Ranjang

Jika anda mendapatkan kamar kost yang tidak dilengkapi ranjang, cobalah menambahkan furniture ini ke dalam kamar. Tentunya harus ijin dulu ya apakah hal tersebut diperbolehkan atau tidak. Fungsi ranjang ini penting sekali karena dapat menghemat ruangan. Bagian bawah ranjang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang sehingga kamar pun terlihat lebih luas.

2. Dekorasi Ulang Tempat Tidur

Perlu diketahui, titik fokus di setiap kamar tidur terletak pada tempat tidurnya. Agar kamar kost anda tidak tampak membosankan, salah satu cara memperbaikinya adalah dengan menghias tempat tidur tersebut. Tak perlu melakukan hal-hal yang merepotkan, cukup menggunakan sprei dan selimut favorit, atau tempelkan beberapa stiker pada headboard ranjang tidur.

3. Hias Dinding Kamar

Beberapa pemilik kost memperbolehkan penyewanya untuk mengecat ulang atau memasang wallpaper pada dinding kamar yang ia tempati. Namun jika di tempat anda hal ini dilarang, anda masih bisa menempelkan beberapa poster menarik di dinding kamar. Poster-poster ini akan mengubah suasana kamar kost yang anda tempati, mirip seperti kamar di rumah dalam sekejap.

4. Tambahkan Sofa Unik

Keberadaan sofa sangat membantu kita jika ingin bersantai atau menerima tamu. Pun saat merasa bosan dengan kasur, kita bisa menghabiskan waktu tidur di sofa tersebut. Pilih sofa berbentuk unik dan nyaman agar penampilannya selalu terlihat menarik.

5. Rak-rak Dinding

Anda tentu memerlukan tempat penyimpanan ekstra kan? Daripada menambahkan lemari yang akan mempersempit ruangan, cobalah menggantungkan rak-rak di dinding. Penataan rak dilakukan sedemikian rupa agar terlihat rapi dan mudah dijangkau. Biarkan lantai tetap kosong agar kamar tampak lebih luas.

6. Foto Keluarga

Saat di perantauan, foto merupakan obat paling manjur untuk mengatasi kerinduan dengan rumah. Pajangkan beberapa foto keluarga di dinding dekat meja belajar. Hiasi dengan plester berwarna-warni agar tampilannya semakin menarik.