Perawatan
May15

6 Tips Manjur agar Rumah Bebas dari Debu

Rumah yang bersih dan bebas dari debu adalah salah satu ciri-ciri rumah yang sehat. Namun ukuran debu yang kecil memungkinkannya gampang sekali menyebar ke seluruh sudut ruangan dan membuat rumah berdebu tanpa kita sadari. Padahal debu-debu ini bisa menimbulkan suatu masalah kesehatan yang serius, termasuk memicu reaksi alergi.

tips-agar-rumah-bebas-debu.jpg

Ruang Tamu

Walaupun anda tidak dapat benar-benar memastikan rumah bebas debu, setidaknya dengan mengikuti panduan berikut ini, rumah anda pun akan lebih bersih tanpa tumpukan debu di mana-mana :

  1. Dehumidifier adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyaring udara di dalam rumah dan membuatnya lebih berkualitas. Harga perangkat ini di pasaran berkisar antara Rp1 juta sampai Rp5 juta. Anda bisa meletakkan perangkat ini di ruangan yang terbuka seperti ruang tamu dan ruang keluarga agar udara yang diolah lebih maksimal.
  2. Bukalah jendela di waktu pagi dan tutup menjelang siang hari. Udara pagi masih sangat murni sehingga dapat membuat seisi rumah menjadi segar. Sedangkan udara ketika siang sudah dipenuhi debu-debu dan polusi udara yang berbahaya.
  3. Lepaskan sepatu dan sandal ketika memasuki rumah atau ganti dengan alas kaki khusus. Sepatu dan sandal gampang sekali tertempeli debu dan kotoran-kotoran lainnya. Membawa alas kaki tersebut ke dalam rumah sama dengan anda sengaja memasukkan debu tersebut dan menyebarkannya ke setiap sudut rumah.
  4. Gorden, sofa-cover, sarung bantal, taplak meja, dan aksesoris-aksesoris yang terbuat dari kain lainnya mudah sekali dinaungi debu. Jika anda kurang memperhatikan kondisi hiasan-hiasan ini, tanpa tersadar tumpukan debu pun ada di balik permukaannya. Untuk itu, buatlah jadwal secara rutin membersihkan semua pajangan kain di rumah anda tanpa terkecuali.
  5. Hindari memilih furnitur yang mempunyai detail ukiran-ukiran rumit. Sebab banyaknya ornamen ini terkadang membuat anda malas untuk membersihkan debu secara rutin. Alhasil, debu pun sudah banyak mengotori setiap sudutnya.
  6. Pastikan lantai interior rumah selalu dalam keadaan bersih. Di sela-sela waktu, anda bisa menyapu lantai ruangan ini secara berkala sehingga tanpa disadari rumah pun senantiasa bersih.

Perlu diketahui, cara yang benar untuk membersihkan tumpukan debu adalah menyekanya menggunakan kain lap basah bukan kain lap kering ataupun kemonceng. Hal ini dimaksudkan agar debu langsung terserap kain dan tidak beterbangan. Membersihkan debu memakai kain kering dan kemonceng hanya akan membuatnya berpindah tempat saja.