Perawatan
Mar5

6 Cara Tuntas Membersihkan Debu di Rumah

Bagaimana cara membersihkan debu di rumah? Meskipun berukuran sangat kecil, debu merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu kenyamanan di rumah. Rumah yang berdebu akan terlihat jorok, dekil, dan berbau. Tidak hanya itu, debu juga bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah tersebut.

cara-membersihkan-debu.jpg

Walaupun kelihatannya sepele, ternyata ada lho tips membersihkan debu di rumah tinggal sehingga prosesnya lebih efektif. Berikut ini panduannya :

  1. Disarankan menghilangkan debu-debu yang ada di rumah menggunakan kain lap basah supaya cepat bersih dan tidak beterbangan. Alternatif lain, anda bisa menggunakan vacum cleaner yang terbukti mampu menyedot debu dengan lebih efektif. Hindari pemakaian kemoceng, sapu, dan kuas sebab ketiga alat bantu pembersih ini hanya bisa memindahkan posisi debu tanpa menghilangkannya.
  2. Untuk debu yang menempel di perangkat elektronik, pembersihannya dapat dilakukan dengan memakai kain lap kering. Kondisi lap yang kering memungkinkannya bisa menetralisir listrik statis. Hindari menyemprotkan cairan pembersih karena bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek pada perangkat tersebut.
  3. Hindari penggunaan benda-benda yang bisa menyimpan debu seperti kasur kapuk, karpet, keset, tirai, buku, dan bingkai lukisan. Kalau pun terpaksa menghadirkannya di dalam rumah, berikanlah perhatian yang lebih untuk membersihkan benda-benda tersebut secara rutin.
  4. Beberapa sudut rumah juga sering menjadi sarang debu karena jarang mendapatkan perhatian. Misalnya bagian kolong perabotan, belakang furnitur, ukiran mebel, dan bagian atas lemari. Buatlah jadwal khusus untuk membersihkan bagian-bagian ini.
  5. Proses pembersihan debu hendaknya dilakukan dari sisi atas berlanjut ke bagian bawahnya. Debu dari atas akan jatuh di lantai, sehingga dapat dibersihkan di proses terakhir.
  6. Alas kaki merupakan salah satu sumber masuknya debu di ruangan. Oleh sebab itu, alas kaki sebaiknya tidak dikenakan di dalam rumah. Anda bisa menyediakan alas kaki khusus untuk memastikan kebersihannya.

Selamat mencobanya di rumah!