Perawatan
Oct8

5 Tips Merenovasi Rumah dengan Biaya Terbatas

Merenovasi rumah dilakukan tidak hanya agar rumah terasa nyaman, tetapi juga untuk memastikan bangunannya tetap berdiri kokoh. Memang benar, untuk merenovasi tempat tinggal diperlukan biaya yang tidak sedikit. Hal ini sejalan dengan harga material bangunan yang umumnya mahal dan banyaknya perbaikan yang harus dilakukan. Terlebih jika anda menginginkan pembongkaran ruangan, biaya akan semakin bertambah banyak.

tips-merenovasi-rumah.jpg

Ingin merenovasi rumah dengan anggaran terbatas?

1. Buat Perencanaan Matang

Selalu pastikan, setiap anda ingin merenovasi rumah susunlah rencana dengan matang. Catat apa saja yang perlu diperbaiki dan bagaimana tampilan rumah yang anda inginkan. Akan lebih baik jika terdapat gambar kerja yang akan memudahkan komunikasi anda dengan tukang bangunan. Dengan demikian, anda bisa lebih mengontrol proses jalannya renovasi.

2. Rencanakan Bahan Bangunan yang Dibutuhkan

Proses renovasi membutuhkan bangunan yang bermacam-macam sesuai kebutuhan. Dengan menyusun kebutuhan material apa saja yang anda perlukan, anda bisa mengetahui perkiraan biaya yang wajib dikeluarkan. Adanya catatan yang lengkap juga memungkinkan sisa bahan yang telah dibeli tidak terlalu banyak. Bahkan, diskon harga bisa didapatkan jika anda membeli bahan-bahan tersebut di satu toko bangunan.

3. Tetaplah Pada Desain Awal

Untuk menekan biaya renovasi, pastikan anda tidak mengubah konsep desain rumah anda. Pasalnya, jika anda mengubah konsep, maka semakin banyak bagian ruangan yang harus disesuaikan. Hal ini sama dengan anda membangun rumah dari awal dan tentunya bakal memakan biaya yang lebih banyak. Bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan jika kita hanya memperbaiki bagian-bagian yang perlu saja.

3. Lakukan Secara Bertahap

Keterbatasan biaya mengharuskan anda merenovasi rumah secara per tahap. Di sinilah pentingnya kejelian kita dalam menemukan perbaikan-perbaikan yang harus didahulukan. Kelebihannya, dengan melakukan renovasi sedikit demi sedikit, biasanya kita bisa lebih awas terhadap kualitas desain dan bangunan yang dihasilkan.

5. Sabar dengan Rumah

Terakhir adalah sabar. Kondisi rumah yang direnovasi secara bertahap membuat tingkat kenyamanan di dalamnya kurang maksimal. Lebih-lebih jika anda keliru mendahulukan mana yang harus direnovasi dulu. Biaya yang seharusnya digunakan untuk memperbaiki atap, karena anda tidak menyadari gentengnya bocor, malah sudah dihabiskan untuk mengecat interior. Jadi, cerdaslah dalam menggunakan anggaran yang anda miliki.