Perawatan
Sep1

5 Tips Merawat Furniture dari Particle Board

tips-merawat-furniture-particle-board.jpg

Ingin merawat furniture particle board kesayangan anda supaya tidak mudah rusak? Seperti kita ketahui, di pasaran terdapat beberapa produk furniture berbahan dasar particle board. Umumnya, furniture ini dijual dengan harga yang lebih rendah karena bahan bakunya pun lebih murah dibandingkan kayu asli, serta proses pembuatannya bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Akan tetapi, di balik kelebihan-kelebihannya itu, furniture particle board juga memiliki sejumlah kekurangan. Misalnya saja, furniture ini sangat rapuh jika terkena air sedikit saja, serta daya angkatnya yang tidak sekuat furniture berbahan kayu asli.

Agar furniture di rumah anda lebih awet, cek saran merawat papan partikel dari Arafuru berikut ini :

1. Hindari Menempatkan Furniture di Ruangan Lembab

Seperti yang telah kami singgung di atas, papan partikel sangat rapuh jika bersentuhan dengan air. Terkena air sedikit saja, maka siap-siaplah furniture anda akan mengalami kerusakan secara perlahan.

Selalu pastikan ruangan yang akan ditempati oleh furniture ini senantiasa dalam keadaan kering dengan sirkulasi udara dan cahaya di dalamnya mengalir lancar. Secara berkala, periksa kondisi dinding di belakang furniture agar tidak lembab. Sangat tidak disarankan menaruh furniture berbahan particle board ini di area sekitar kamar mandi.

2. Lindungi Furniture Particle Board Anda

Bahan papan partikel memang mudah dibentuk menjadi furniture apa saja, salah satunya adalah meja makan. Bila anda menggunakan meja makan dari particle board ini, anda mesti berhati-hati terhadap kemungkinan minuman dan makanan dapat mengenai meja. Lindungilah meja anda dengan taplak yang terbuat dari plastik agar tidak bisa ditembus air. Begitupun saat menyajikan minuman dingin, selalu berikan tatakan yang cukup tebal sehingga embun es tidak membasahi meja partikel anda.

Sedangkan untuk jenis furniture lainnya, anda bisa melapisi furniture tersebut menggunakan kulit sintetis. Bahan kulit sintetis ini dikenal tidak bisa dirembesi air, sehingga papan partikel anda tetap aman meski permukaan furniturenya basah. Selain itu, bahan kulit juga mampu menambah daya tarik dari penampilan furniture anda.

3. Jangan Lapisi Furniture dengan Tinner!