Perawatan
May21

5 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

tips-menjaga-kebersihan-dapur.jpg

Dapur yang bersih cermin keluarga sehat. Oleh sebab itulah, tips menjaga kebersihan dapur harus dibiasakan sejak dini. Dapur merupakan jantungnya rumah . Segala aktifitas mengolah makanan dilakukan di sini. Tidak mau kan makanan mengandung bakteri karena dapur yang kotor?

Dalam menjaga kebersihan dapur, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah selalu membersihkannya setelah selesai masak. Berikut ini tips lengkap bagaimana cara menjaga kebersihan dapur dengan menyenangkan:

1. Lemari penyimpanan

Mulailah dengan memperhatikan lemari penyimpanan di dapur. Ada banyak hal yang bisa diperbuat di sini. Seperti menjadikan lemari dapur sebagai tempat penyimpanan utama dan memisahkan berbagai bumbu beraroma kuat seperti lada dan kayu manis di tempat terpisah.

2. Label bumbu

Apabila Anda termasuk orang yang jarang masuk ke dapur atau mempunyai waktu yang super sibuk. Memberi nama label pada tempat penyimpanan bumbu adalah langkah yang tepat. Dengan memberikan label ini, penataan bumbu menjadi lebih rapi dan akan meminimalisir terjadinya kesalahan bumbu.

3. Penempatan alat elektronik

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menata alat elektronik di dapur adalah jangan menumpuknya. Menumpuk alat satu dengan yang lainnya akan mengakibatkan alat tersebut mudah rusak. Cobalah untuk menjajarkannya dengan rapi dan berikan sentuhan vas bunga di sekitarnya.

4. Buang sampah segera

Kebiasaan menumpuk sampah dapur dan membuangnya seminggu sekali itu tidak baik. Selain membuat ruangan dapur Anda berbau menyengat, juga mengakibatkan dapur Anda tidak sehat. Cobalah untuk biasa membuang sampah setiap selesai masak.

5. Tisu dapur

Jangan lupa untuk menyediakan tisu dapur di rumah Anda. Sebab tisu dapur akan sangat berguna dalam menjaga kebersihan dapur Anda. Tempatkan tisu ini di sudut yang kering agar terjaga kebersihannya.