Cuma 5 Tips Ini yang Bisa Mengatasi Semut-semut Nakal di Rumah

Kita semua tentu menginginkan sebuah rumah tinggal yang nyaman dihuni. Sebuah rumah yang bersih, sehat, dan bebas dari marabahaya apapun. Sayangnya bukan cuma manusia saja yang hidup di dunia ini. Tetapi ada pula binatang yang juga termasuk makhluk hidup. Karena binatang-binatang ini juga butuh tempat tinggal, sedangkan habitat alaminya sudah tidak ada, maka mau tak mau mereka pun turut ikut tinggal di rumah Anda. Mereka menumpang tinggal di dalam rumah Anda yang nyaman.

Salah satu binatang serangga yang sering kali tinggal di rumah ialah semut. Sebenarnya sih tidak apa-apa kalau semut ini ikut tinggal bersama dengan kita. Hanya saja lama-kelamaan tingkah laku semut tersebut begitu menjengkelkan. Tak jarang semut-semut ini merayap di atas makanan yang diletakkan di meja makan. Apalagi kalau makanan tersebut rasanya manis, dijamin deh apabila ada gula pasti ada semut di sana. Oleh karena itu, kebanyakan orang berupaya keras untuk mengusir semut dari rumahnya.

Salah satu alasan mengapa Anda mesti membasmi semut di rumah yaitu menjaga kebersihan makanan. Perlu Anda ketahui, semut kerap kali melewati celah-celah sempit yang kotor serta mengandung banyak bakteri dan virus. Kemudian jika semut tersebut berjalan di atas makanan, bakteri dan virus yang ada di tubuhnya pun akan berpindah tempat ke makanan-makanan ini. Alhasil makanan Anda pun kini menjadi sangat kotor dan dipenuhi bibit penyakit. Anda tentu tidak mau kejadian ini berlangsung terus-menerus, kan?

Itu sebabnya, Anda harus memberikan perlawanan serius terhadap semut-semut nakal di rumah supaya pergi jauh-jauh. Cuma 5 solusi di bawah ini yang ampuh mengatasi kawanan semut tersebut hingga ke bagian sarangnya.

Tips 1. Basmi Sarangnya sampai Habis

Semut merupakan serangga yang selalu membentuk sebuah koloni. Suatu koloni semut tinggal di dalam sarang yang berada di lokasi yang tersembunyi. Apabila di rumah Anda ada beberapa semut yang sering lalu lalang pasti terdapat sarang semut di rumah Anda. Cobalah Anda mengikuti jejak semut-semut ini. Jika beruntung, Anda akan menemukan sarang tempat tinggalnya. Silakan Anda basmi langsung sarang semut tersebut. Anda bisa membongkar sarang semut tadi serta memanfaatkan berbagai obat-obatan anti semut yang aman untuk mengatasinya. Jauhkan anak-anak serta hewan peliharaan.

TIps 2. Biasakan Menutup Rapat Makanan

Dapur merupakan tempat tinggal yang paling ideal bagi semut. Kawanan semut akan berkembang biak dengan cepat di dalam ruangan ini. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya makanan yang bisa ditemukan oleh semut di dapur. Dengan persediaan makanan yang begitu banyak ini, kehidupan kawanan semut di masa datang pun akan lebih terjamin. Salah satu upaya agar rumah Anda terbebas dari semut adalah menutup rapat semua makanan di dapur supaya semut-semut tidak bisa mengambilnya. Anda dapat menggunakan alat penutup makanan elastis yang tersedia di www.alatperabotan.com. Dengan alat ini, semut-semut tak akan bisa lagi mendapatkan makanan lagi.

Tips 3. Menjaga Kebersihan Seisi Rumah

Ingatlah, rumah yang sehat adalah rumah yang bersih. Kebersihan akan menjamin Anda sekeluarga bisa hidup dengan nyaman tanpa gangguan apapun. Begitu pula saat Anda menginginkan rumah yang bebas dari semut, Anda harus menjaga kebersihannya setiap saat. Dengan selalu membersihkan seisi rumah, setidaknya Anda sudah berhasil mempersempit ruang gerak semut-semut yang nakal ini. Biasakan untuk membersihkan lantai setiap waktu, baik menggunakan sapu biasa atau vacuum cleaner. Lantai pun perlu dipel pada pagi dan sore hari memakai cairan pembersih khusus agar semut-semut tak betah di sini.

Tips 4. Gunakan Pengendalian Secara Alami

Terdapat sejumlah trik alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir semut dari rumah. Contohnya seperti menggunakan campuran air panas, sabun cuci piring, atau jeruk nipis untuk memberantas semut sampai ke sarang utamanya. Mudah saja kok untuk bisa mengaplikasikan bahan-bahan alami ini sebagai pembasmi semut. Anda bisa memasukkannya terlebih dahulu ke dalam sebuah botol semprotan. Jika Anda menemukan semut atau bahkan gerombolan semut di dalam sarangnya, segeralah semprotkan bahan alami ini langsung ke arah kawanan semut-semut tadi.

Tips 5. Manfaatkan Bahan Pembasmi Semut

Anti semut buatan memang kurang baik bagi kesehatan manusia. Tapi kenyataannya, bahan pembasmi berbahan kimia tersebut memang sangat ampuh mengatasi gangguan semut di rumah. Bahan ini efektif sekali digunakan untuk membasmi semut sampai ke dalam sarangnya. Tidak apa-apa kalau sekali-kali Anda memakai bahan pembasmi kimia in. Asalkan penggunaannya pun harus ekstra hati-hati. Usahakan untuk mencuci tangan setelah Anda menggunakannya. Pemakaian produk anti semut berbahan kimia  ini sangat tepat jika rumah Anda sedang diserang oleh koloni semut yang banyak.