Perawatan
Jan4

5 Tips Memilih Bunga Potong yang Segar

Sama seperti yang lainnya, memilih bunga potong yang segar juga memerlukan tips tersendiri. Tak jarang, bunga yang terlihat begitu indah ternyata sudah dipetik lama. Sehingga, anda hanya bisa merasakan keindahannya dalam waktu yang singkat saja karena bunga mudah layu.

tips-memilih-bunga-potong.jpg

Sebenarnya, bunga potong yang segar bisa dikenali melalui ciri-ciri fisiknya. Asalkan anda teliti, bunga yang berkualitas bagus bisa didapatkan. Berikut ini petunjuknya dari kami :

1. Bagian Bawah Batang Terasa Keras dan Basah

Saat anda ingin membeli bunga potong, periksalah dengan teliti bagian bawah batang bunga tersebut. Cobalah menekan batang bunga untuk mengetahui teksturnya. Apabila terasa basah dan keras, itu tandanya bunga masih dalam kondisi segar. Sebaliknya, jika saat ditekan batang terasa berair dan lembek, serta mengeluarkan bau menyengat, berarti kualitas bunga kurang bagus karena sudah dipetik lebih dari 24 jam yang lalu.

2. Bunga Masih dalam Kondisi Kuncup

Pada dasarnya, bunga mekar dalam waktu yang relatif singkat. Lebih-lebih apabila bunga tersebut telah dipotong dari pohonnya. Oleh karena itu, disarankan memilih bunga yang masih dalam kondisi kuncup agar anda bisa menikmati keindahan bunga lebih lama. Meskipun sudah dipetik, kelopak bunga akan tetap mekar secara perlahan. Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menunggu bunga mekar dan menikmati keindahan bunga dengan maksimal.

3. Kelopak Bunga Dilindungi Cone Pembungkus

Hindarilah membeli bunga potong yang dijual begitu saja tanpa dilindungi pembungkus berupa cone plastik atau kertas. Hal ini dikarenakan, besar kemungkinan ada kelopak mahkota bunga yang telah gugur sehingga nilai estetikanya menjadi berkurang. Selalu pilih bunga yang dijual oleh orang yang benar-benar mencintai dan merawat dagangannya dengan baik. Salah satunya bisa dilihat dari kelopak bunga yang dibungkus dengan kertas atau plastik agar keindahannya terjaga.

4. Beli Bunga di Waktu Terakhir

Apabila anda berniat membeli bunga sekaligus barang-barang pelengkap lainnya, sebaiknya pembelian bunga dilakukan pada langkah terakhir. Belilah semua keperluan anda terlebih dahulu, baru kemudian beli bunga potong yang disukai. Tujuannya agar selisih waktu antara pembelian bunga dan kepulangan anda di rumah menjadi lebih singkat. Sehingga kesegaran bunga tetap terjaga dengan baik. Semakin lama bunga potong berada di luar ruangan tanpa air, maka tingkat kesegarannya akan semakin menurun.

5. Pemilihan Vas Bunga yang Sesuai

Kami pernah membahas pemilihan vas bunga secara detail di sini. Yang pasti, usahakanlah vas untuk menaruh bunga potong tersebut dalam kondisi yang bersih. Jika masih kotor, anda bisa membasuhnya dengan air mengalir terlebih dahulu. Hindari mencuci vas menggunakan sabun dan deterjen karena sifat kimianya akan tetap melekat pada permukaan vas dan mencemari air. Hal ini akan mempengaruhi kesegaran bunga potong di rumah anda.